IBADAH HAJI 2024

DPR Serukan Revolusi Penyelenggaraan Haji

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 18 Juni 2024 | 18:36 WIB
Ilustrasi ibadah haji (SinPo.id/ Kemenag)
Ilustrasi ibadah haji (SinPo.id/ Kemenag)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, menyerukan adanya revolusi dalam penyelenggaraan haji dari awal. Mengingat banyaknya hal memprihatinkan yang dirasakan jemaah haji Indonesia.

"Harus ada revolusi penyelenggaraan haji dari awal, perbaikan total sehingga kondisi yang memprihatinkan ini tidak terulang lagi. Revolusi penanganan haji dimulai dari sini, kita akan benahi total," kata Cak Imin, dalam keterangan persnya, dikutip Selasa 18 Juni 2024.

Dengan adanya revolusi haji, ia berharap berbagai masalah yang dutemukan selama pelaksanaan haji tahun ini dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan jemaah haji Indonesia di masa mendatang. 

Ia juga mengungkapkan berbagai keprihatinannya terkait kondisi tenda dan fasilitas yang dinilai masih belum memadai, terutama dalam hal tagline "Haji Ramah Lansia".

"Saya menemukan fakta bahwa fasilitas ramah lansia untuk toilet dan MCK masih belum memadai. Memang ada kamar mandi untuk difabel, tapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak sebanding dengan rasio jamaah lansia dan difabel," ungkapnya.

Menurutnya, rasio kamar mandi harus dihitung ulang berdasarkan jumlah lansia dan difabel yang harus difasilitasi. Sehingga penting bagi pemerintah untuk mengambil peran dominan dalam menentukan fasilitas jamaah, agar mereka mendapatkan tempat yang layak.sinpo

Komentar: