PENEMUAN HARTA KARUN

NCHA Temukan Ratusan Relik Kuno di Bangkai Kapal Jaman Dinasti Ming

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 18 Juni 2024 | 18:11 WIB
Harta karun di dalam bangkai kapal Dinasti Ming (SinPo.id/ NCHA)
Harta karun di dalam bangkai kapal Dinasti Ming (SinPo.id/ NCHA)

SinPo.id - Administrasi Warisan Budaya Nasional (NCHA) Tiongkok mengatakan, pihaknya telah menemukan ratusan relik budaya kuno di bangkai kapal yang berasal dari Dinasti Ming, pada tahun 1368-1644, termasuk porselen dan tembikar, koin tembaga, serta tanduk rusa.

Menurut wakil kepala NCHA, Guan Qiang, penemuan relik tersebut menunjukkan orang-orang dari Dinasti Ming menggunakan Laut Cina Selatan, yang dikenal sebagai Jalur Sutra Maritim kuno, sebagai rute perdagangan penting.

Bangkai kapal tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2022, sekitar 5.000 kaki di bawah permukaan laut dekat lereng benua barat laut di Laut Cina Selatan. Namun penggalian harta karun tersebut baru dimulai tahun lalu menggunakan kapal selam berawak Deep Sea Warrior.

"Peninggalan yang terpelihara dengan baik ini memiliki nilai sejarah, ilmiah, dan artistik yang tinggi. Ini mungkin merupakan penemuan arkeologi kelas dunia di laut dalam," kata Direktur Arkeologi NCHA, Yan Yalin, dilansir dari Fox News, Selasa 18 Juni 2024.

Berdasarkan hasil penelitian, peninggalan bersejarah tersebut diyakini berasal dari periode Zhengde Dinasti Ming dari tahun 1506 hingga 1521. Sementara beberapa barang di kapal, kemungkinan berasal dari masa pemerintahan Kaisar Hongzhi (1488-1505).

BERITALAINNYA
BERITATERKINI