BNPB Minta Warga Banggai Laut Waspada Potensi Banjir Susulan

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 16 Juni 2024 | 02:24 WIB
Ilustrasi banjir (pixabay)
Ilustrasi banjir (pixabay)

SinPo.id -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengimbau masyarakat setempat untuk tetap waspada akan adanya potensi risiko banjir susulan di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.
Sebanyak 17 kepala keluarga (KK) dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah pada Kamis 13 Juni 2024.

"Prakiraan cuaca BMKG menunjukkan wilayah Kabupaten Banggi Laut berpotensi hujan dengan intesitas ringan hingga tinggi sampai dengan hari Minggu 16 Juni," kata dia dalam keterangannya pada Sabtu 15 Juni 2024

Hujan dengan intensitas tinggi pada malam sebelumnya menyebabkan peningkatan debit air sungai hingga meluap ke pemukiman warga. Terdapat empat desa dan satu kelurahan di Kecamatan Banggai, satu desa di Kecamatan Banggai Selatan, dan empat desa di Kecamatan Banggai tengah terdampak banjir ini.

Tinggi muka air di lokasi terdampak antara 20-50 sentimeter. Tingginya genangan air menyebabkan sebanyak 111 unit rumah dan satu fasum terdampak.

"Berdasarkan laporan yang diterima BNPB kondisi mutakhir pada Jumat pukul 19.00 WIB, hujan masih berlangsung dengan intensitas sedang," ujarnya

BPBD Kabupaten Banggai Laut tengah melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat. Hal ini guna memastikan langkah penanganan banjir berjalan dengan baik. Kebutuhan mendesak saat ini di lapangan antara lain makanan siap saja, air bersih, dan jaringan listrik.


sinpo

Komentar: