Menhub Pastikan Kesiapan Moda Transportasi di Libur Idul Adha

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 16 Juni 2024 | 03:30 WIB
Armada Transportasi (pixabay)
Armada Transportasi (pixabay)

SinPo.id -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan sejumlah kesiapan pada moda transportasi dalam menghadapi libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 H dan libur anak sekolah. Menhub menyatakan Kementerian Perhubungan telah menyiapkan antisipasi adanya peningkatan mobilitas masyarakat pada masa liburan tersebut.

Menhub meninjau langsung kesiapan transportasi kereta api jalur selatan dan jalur utara dalam menghadapi masa libur panjang sekolah dan Hari Raya Idul Adha 2024. Menhub melakukan peninjauan dengan kereta inspeksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) dari Stasiun Purwokerto menuju Stasiun Kroya, Stasiun Tegal, hingga Stasiun Semarang pada Sabtu 15 Juni 2024.

"Saya bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Idul Adha. Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit," papar Menhub.

PT KAI telah menambah perjalanan kereta api (KA) sebanyak 20% untuk rute-rute favorit seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, serta Jakarta-Solo dan sebaliknya. Selama lima hari (14 - 18 Juni 2024), KAI menyediakan 923.503 tempat duduk. Pada periode libur panjang akhir pekan ini KAI mengoperasikan 1.849 perjalanan KA atau 370 perjalanan KA per hari. Hingga tanggal 15 Juni 2024, KAI telah menjual 810.579 tiket atau 88% dari dari total kapasitas tempat duduk. Selain itu, Menhub memastikan aspek keselamatan terpenuhi dengan ramp check kereta.

Pada transportasi darat Menhub telah melakukan inspeksi di beberapa tempat. Disamping itu Kemenhub bekerja sama dengan Korlantas Polri dan Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten melakukan ramp check terhadap bus umum dan bus pariwisata pada hari Sabtu dan Minggu secara serentak di seluruh Indonesia.

"Untuk transportasi darat, memang untuk liburan yang krusial adalah daerah pariwisata. Oleh karenanya saya melakukan inspeksi di beberapa tempat dan Alhamdulillah tadi di Purwokerto bagus sekali. Harapan saya itulah yang dilakukan oleh masyarakat transportasi, khususnya pengguna bus. Bagi operator tentu harus mengutamakan keselamatan," papar Menhub.

Sedangkan pada penyeberangan, Menhub mengatakan rute Ketapang-Gilimanuk dan Merak- Bakauheni yang akan ramai pada liburan saat ini. “Penyeberangan harus siap dengan jumlah mobilitas masyarakat yang banyak pada liburan kali ini, berikan pelayanan yang terbaik dan proses berangkat dan pergi upayakan secepat mungkin,” ucap Menhub.

Di sektor penerbangn, Kemenhub memastikan keselamatan udara terpenuhi melalui ramp check pesawat. "Saya juga meminta baik pengelola bandara maupun operator menambah penerbangan tambahan untuk rute favorit seperti ke Solo, Yogyakarta, dan Bali," lanjut Menhub.

Lalu pada transportasi laut, pengawasan pada pelabuhan di seluruh Indonesia telah ditingkatkan, khususnya pada pelabuhan-pelabuhan yang terkoneksi dengan tempat wisata.

Untuk mengantisipasi pemenuhan distribusi kebutuhan hewan qurban pada masa Idul Adha, Kemenhub memfasilitasi distribusi sapi dari wilayah sentra produsen ternak di Nusa Tenggara Timur, Nusa tenggara Barat dan Gorontalo ke Wilayah konsumen hewan ternak dengan menggunakan Kapal Angkutan Khusus Ternak.

"Untuk sektor laut, saya sudah sampaikan kepada operator untuk menambah jumlah petugas,” ujar Menhub.sinpo

Komentar: