BAWASLU SULUT

Bawaslu Sulut Diminta Konsisten Lakukan Pencegahan dan Pengawasan

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 14 Juni 2024 | 19:33 WIB
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda (SinPo.id/ Dok. Bawaslu)
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda (SinPo.id/ Dok. Bawaslu)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn JH Malonda mengingatkan seluruh jajaran di Sulawesi Utara (Sulut) untuk konsisten menjaga kualitas pengawasan.

Hal itu, kata dia, lantaran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Provinsi Sulut menjadi wilayah yang rawan tinggi. Namun, hal tersebut dapat dipatahkan melalui konsistensi pencegahan dan pengawasan.

"Kita buktikan di 2019 dan 2020 Sulut berdasarkan skor IKP dari Bawaslu RI itu masuk di peringkat 1 atau 2. Itu yang menjadikan saya sebagai ketua waktu itu di Pilkada 2020 kami menjadikan hasil IKP sebagai catatan yang penting untuk kita lakukan perbaikan kerja-kerja pengawasan, sehingga tidak ada yang berujung putusan di MK," kata Herwyn dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Pengawasan Pilkada Sulawesi Utara 2024, dikutip Jumat, 14 Juni 2024.

Dia pun mengingatkan kepada jajaran Bawaslu Sulut, IKP harus dimaknai sebagai 'early warning system' dan menjadi tekad bersama di Pilkada 2024.

"IKP harus menjadi bahan rujukan dan pemecah masalah dalam pilkada, dan bukan sebaliknya justru menjadi sumber masalah yang bisa merusak integritas penyelenggara pemilihan," ungkap dia.

Lebih jauh, Herwyn juga mengingatkan ihwal integritas dan profesionalitas merupakan satu tarikan nafas menuju keberhasilan pemilihan gubernur dan wali kota di Sulut.

"Harapan saya, mari kita perkuat solidaritas masing-masing. Kalau ada persoalan internal selesaikan secara internal," tandasnya.sinpo

Komentar: