Dasco Ajak Seluruh Komponen Bangsa Dukung dan Sukseskan PON 2024 di Aceh-Sumut

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 14 Juni 2024 | 10:12 WIB
Wakil Ketua DPR RI Dasco. (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua DPR RI Dasco. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Dasco mengajak seluruh komponen bangsa untuk ikut mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Pesta olahraga nasional terbesar itu bakal digelar PON digelar di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 8-20 September 2024.

Dasco menyatakan, kesuksesan penyelenggaraan PON 2024 akan mengharumkan nama bangsa Indonesia dan memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang mencintai olahraga. 

"Saya imbau kepada seluruh komponen bangsa terutama di Sumut dan Aceh untuk ikut turun tangan mendukung dan menyukseskan terselenggaranya PON ini untuk mengharumkan nama bangsa kita," kata Dasco dalam keterangan tertulis pada Jumat, 14 Juni 2024.

"Untuk lebih kemudian memperkenalkan bahwa bangsa kita juga cinta kepada olahraga," sambungnya.

Dasco mengapresiasi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang berjuang keras agar PON XXI dapat terselenggara dengan baik. 

Dasco juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumut merupakan salah satu kebanggaan nasional Indonesia.

"Apresiasi kepada Menpora Dito Arietedjo yang telah berjuang keras agar dapat terwujudnya dan terealisasinya PON di Aceh maupun Sumut," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu. 

PON XXI bakal digelar pada 8-20 September 2024. PON tahun ini bakal spesial karena untuk pertama kalinya pesta olahraga terbesar Tanah Air bergulir di dua provinsi.

Sebelumnya, Dito mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai rapat terbatas membahas persiapan PON XXI dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024. Jokowi, kata Dito, meminta agar perhelatan keduanya tepat waktu sesuai jadwal.

"Kita mendapatkan perintah yang clear dari Bapak Presiden bahwa penyelenggaraan PON dan Peparnas 2024 ini harus tepat waktu dan tidak ada kemunduran. Jadi ini kita tekankan kepada masyarakat luas dan juga para atlet seluruh Indonesia bahwa PON dan Peparnas 2024 tidak akan mundur dan akan dilaksanakan tepat waktu dan sesuai jadwal," kata Dito kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis, 13 Juni 2024.

Dito mengatakan pembangunan venue di Aceh dan Sumatera Utara ditargetkan rampung pada akhir Juli. Saat ini, pihaknya memastikan kesiapan kontingen di seluruh Indonesia.

"Ya untuk PON Aceh dan Sumut, progres dari venue pembangunan ditargetkan ini akhir Juli sudah rampung semua siap digunakan, dan sekarang dalam rangka memastikan para kontingen dari seluruh provinsi siap untuk bertanding dan diberangkatkan," ujarnya.

Ia mengatakan venue akan siap digunakan usai Juli 2024. Dito mengatakan beberapa cabang olahraga akan melakukan uji coba venue lebih dulu sebelum PON dimulai.sinpo

Komentar: