Timwas DPR Minta Kualitas Makanan Jemaah Haji Dievaluasi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 14 Juni 2024 | 10:41 WIB
Anggota Tim Pengawas Haji DPR RI Endang Maria Astuti. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Tim Pengawas Haji DPR RI Endang Maria Astuti. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Tim Pengawas Haji DPR RI Endang Maria Astuti meminta adanya evaluasi terhadap kontrak katering untuk jemaah haji. Ini penting guna mencegah penyimpangan pada kualitas makanan jemaah haji menyusul adanya temuan makanan yang basi.

"Ini perlu evaluasi kembali ke depannya agar jemaah kita dimuliakan dari sisi konsumsi. Komisi VIII sudah mendorong agar perbaikan ini betul-betul dilaksanakan di tahun ini," kata Endang dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta pada Kamis, 14 Juni 2024.

Dia menyampaikan keprihatinannya terhadap kualitas makanan yang disajikan kepada jemaah haji Indonesia. Dia mengungkapkan ada temuan serius di sektor 5 mengenai makanan siang yang disajikan kepada para jemaah.

Menurut Endang, makanan siang tersebut didominasi oleh karbohidrat dengan porsi sekitar 85 persen, tanpa sayuran, dan hanya disertai lauk ikan. Menurutnya, komposisi makanan seperti ini sangat berbahaya bagi kesehatan jemaah haji.

"Kita ingin memanusiakan, menghormati, dan memuliakan jemaah haji kita, sehingga konsumsi seperti itu sangat berbahaya," katanya.

Selain itu, dia membandingkan nominal yang dianggarkan dengan kualitas makanan yang disajikan. Menurutnya, makanan yang disajikan hanya bernilai sekitar 8-10 riyal, jauh di bawah nominal kontrak sebesar 15 riyal.

Keprihatinan itu, kata dia, muncul di tengah upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji Indonesia. Menurutnya evaluasi dan perbaikan kualitas makanan diharapkan dapat mencegah insiden serupa di masa mendatang, demi kesehatan dan kenyamanan jemaah haji.sinpo

Komentar: