Awasi Kinerja Jajaran Pengawas Pemilu, Bawaslu Butuh Miliki Aplikasi e-Monev

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 12 Juni 2024 | 14:59 WIB
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn JH Malonda. (SinPo.id/Dok. Bawaslu RI)
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn JH Malonda. (SinPo.id/Dok. Bawaslu RI)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn JH Malonda menilai pihaknya perlu memiliki terobosan dan inovasi berbentuk sistem aplikasi untuk menilai 'rekam jejak' kinerja jajaran Pengawas Pemilu. Termasuk penilaian kinerja yang mencakup pengawas pemilu ad hoc.

"Kita perlu memiliki sistem berbasis input data kinerja yang menyajikan data-data seluruh jajaran aparatur Pengawas Pemilu, baik Ketua dan Anggota maupun Pejabat struktural dan fungsional hingga Pengawas ad hoc. Sehingga data profiling ini dapat dijadikan pengambilan kebijakan bagi pimpinan dalam melakukan evaluasi," kata Herwyn dalam keterangannya pada Rabu, 12 Juni 2024.

Sistem aplikasi tersebut, kata dia, sangat membantu dalam pendataan banyak hal. Dia mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukan jajaran Pengawas Pemilu akan terpantau pimpinan untuk dilakukan pembinaan jika ditemukan kinerja tidak baik. 

Kemudian, kinerja kelembagaan yang setiap tahun ditandatangani oleh Ketua dan Kasek/ Korsek, akan diukur secara bersamaan dengan kinerja personal di akhir tahun

Apalagi dalam hal pembinaan kinerja Pengawas Pemilu, kata Herwyn, Bawaslu akan merubah Perbawaslu terkait pembinaan guna menunjang evaluasi kerja.

"Jadi perjanjian kinerja akan dipantau proses pelaksanaannya dalam monev kinerja, bisa dilihat saja melalui aplikasi nantinya," ujar Herwyn. 

Lebih lanjut, dia berpesan, kepada jajaran Bawaslu se-Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjalin kerjasama yang baik dengan KPU. Dia menyebut, bertujuan agar dalam melakukan sinkronisasi data dengan KPU, menjadi sama apabila terjadi sengketa pemilu di MK.

"Komunikasi harus dijalankan dengan baik. Jangan sampai ada perbedaan hanya karena suka dan tidak suka terhadap lembaga," tandasnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI