Timwas Haji DPR: Fasilitas Bus Jemaah Haji untuk Lansia Belum Maksimal

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 12 Juni 2024 | 13:16 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI menilai bus untuk jemaah haji belum maksimal memfasilitasi lansia. Fasilitas bus yang belum ramah terhadap lansia itu terungkap usai Timwas Haji DPR melakukan sidak transportasi jemaah haji RI ke Terminal Shaeb Amer, Makkah.

Dalam sidak itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menanyakan sejumlah masalah terkait pelayanan bus bagi jemaah haji. Menurutnya, bus yang digunakan harus bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan jemaah termasuk lansia dalam menjalankan ibadah haji.

"Kami tadi tanyakan ke pihak kementerian agama yang memberikan pelayanan transportasi sholawat ini, mereka telah mengontrak sebanyak 514 bus dan hanya 20 bus yang dinilai ramah lansia dengan struktur bus yang diperuntukkan untuk lansia dan difabel," kata Ace dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Rabu, 12 Juni 2024.

Dia menjelaskan berdasarkan data Kemenag, terdapat 40 ribu jemaah haji berusia lansia. Ace menilai pelayanan transportasi dengan hanya 20 bus tersebut masih jauh dari harapan haji ramah lansia.

"Terus terang saja, bagi kami dari hasil pemantauan kami masih belum menunjukkan bahwa jumlah bus yang disediakan bagi calon jemaah haji ini jauh dari ramah lansia," ujar dia.

Dia mengatakan dari 514 bus yang disediakan, Kemenag hanya menyediakan 20 bus ramah lansia. Padahal jumlah jemaah lansia sendiri mencapai 40 ribu.

"Kalau 40 ribu dilayani dengan 20 bus tentu sangat belum memenuhi harapan ramah lansia itu," ucap dia.

Timwas pun sempat mengecek kondisi armada bus. Mereka mempertanyakan pintu bus yang dinilai tidak ramah lansia. Meski begitu, bus yang digunakan tersebut bertipe lower deck dengan akses masuknya bisa diturunkan.

Sementara itu, Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab mengatakan hari ini adalah hari terakhir bus shalawat beroperasi. Meski demikian, dia menyampaikan bahwa pihaknya masih akan menunggu beberapa jemaah kloter terakhir.

"Ini semua sekarang lagi persiapan. Masih ada beberapa kloter akhir yang datang. Sehingga masih ada yang ditunggu untuk ditahan. Harusnya sampai jam 12 ini selesai," kata Saiful Mujab.

Sidak Timwas Haji ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus, Ace Hasan dan sejumlah anggota Komisi VIII DPR. Antara lain, Ecky Awal Muharam, John Kenedy Azis, dan Muhammad Ali Ridha serta Saiful Mujab.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI