Bantuan Kemanusiaan Palestina Jadi Fokus dalam Pertemuan Yordania

Oleh: VOA Indonesia
Rabu, 12 Juni 2024 | 06:17 WIB
Bantuan kemanusiaan UNRWA di Rafah (SinPo.id/AFP)
Bantuan kemanusiaan UNRWA di Rafah (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken direncanakan akan ambil bagian dalam sebuah pertemuan di Yordania, yang berfokus dalam bagaimana mendorong respon kemanusiaan komunitas internasional bagi warga Palestina di Jalur Gaza, yang sangat membutuhkan bantuan setelah perang selama delapan bulan.

Blinken akan berkunjung ke Yordania setelah pembicaraan di Israel dengan Benny Gantz dan Yair Lapid, dua politikus sentral, di tengah tekanan AS terhadap Israel dan Hamas untuk menyetujui kesepakatan gencatan senjata multi tahap.

Gantz meninggalkan pemerintahan darurat PM Benyamin Netanyahu pada Minggu, dan mengatakan bahwa Netanyahu telah melakukan salah kelola dalam perang di Gaza dan menempatkan “penyelamatan politik” dirinya sendiri di atas kepentingan keamanan Israel.

Lapid memperlihatkan dukungan bagi Gantz, dengan mengatakan di X bahwa telah tiba waktunya bagi Israel untuk memiliki pemerintahan baru yang akan mengembalikan keamanan bagi negara itu dan memastikan kembalinya para sandera yang ditahan Hamas di Gaza.

Blinken memulai perjalanan terakhirnya ini ke kawasan itu dengan pembicaraan pada Senin di Mesir, sebelum bertemu dengan Netanyahu.

Dia mengatakan, jalan terbaik untuk memastikan tidak ada lebih banyak korban sipil adalah penerimaan kesepakatan damai oleh Hamas.

Blinken juga menekankan pentingnya upaya-upaya untuk menciptakan perdamaian jangka panjang, keamanan dan stabilitas bagi rakyat Israel dan Palestina, dan bahwa kesepakatan itu “akan membuka kunci bagi kemungkinan situasi tenang di sepanjang perbatasan utara Israel dan integrasi lebih lanjut dengan negara-negara di kawasan itu”.sinpo

Komentar: