PILKADA SERENTAK 2024

Bawaslu Segera Rilis Indeks Kerawanan di Pilkada Serentak 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 11 Juni 2024 | 17:27 WIB
Komisioner Bawaslu, Lolly Suhenty (SinPo.id/Dok Bawaslu RI)
Komisioner Bawaslu, Lolly Suhenty (SinPo.id/Dok Bawaslu RI)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyatakan bakal merilis indeks kerawanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Ada (indeks kerawanan) segera kita rilis," kata Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty kepada wartawan, Selasa, 11 Juni 2024.

Menurut Lolly, Bawaslu RI sebelumnya sudah merilis Indeks Kerawanan Pilkada pada tahun 2022 bersamaan dengan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). 

Sedangkan untuk Pilkada serentak 2024, kata dia, nantinya ada di rilis oleh masing-masing Bawaslu daerah. Saat ini penyusunan pemetaan kerawanan masih dalam proses.

"Kami sedang berjalan proses pemetaan kerawanan. Nah saat ini mereka sedang berproses. Jadi nanti akan lahir peta kerawanan setiap provinsi, setiap kabupaten/kota,” ungkap dia. 

Lebih lanjut, Lolly mengungkapkan, indeks di setiap provinsi maupun kabupaten/kota memiliki tingkat kerawanan yang berbeda-beda.

"Karena kan konteksnya masing-masing nih, beda-beda, bisa jadi politik uang itu misalnya rentan di DKI Jakarta, tapi dia masuk peta kerawanan belum tentu misalnya di Yogyakarta,” ujar Lolly. 

“Jadi setiap provinsi dan kabupaten, peta kerawanan yang akan berbeda. Nah ini mereka berproses kita akan launching tanggal 22 Agustus,” tandasnya. sinpo

Komentar: