Golkar Klaim Kuasai 18 persen Kursi di DPR, Naik Dibandingkan 2019

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 09 Juni 2024 | 16:51 WIB
Wakil Ketua Umum Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung (SinPo.id/Golkar)
Wakil Ketua Umum Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung (SinPo.id/Golkar)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung menyebut partai berlambang pohon beringin ini menguasai 18 persen kursi DPR RI dengan mengamankan 102 kursi di Pemilu 2024.

Menurut Doli, kenaikan kursi Partai Golkar yang signifikan ini merupakan hasil dari keberhasilan kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto. 

"Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, Golkar menguasai 18 persen atau mendapatkan 102 kursi DPR dari seluruh kursi yang diperebutkan," kata Doli dalam keterangannya, Minggu, 9 Juni 2024.

"Angka ini fantastis karena perolehan kursi Golkar naik 17 kursi dibandingkan Pemilu 2019,” sambung dia. 

Doli juga mengatakan, melejitnya perolehan kursi DPR RI dari partai Golkar lantaran dilengkapi kemenangan kader Golkar di sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dia berujar, dua kader Golkar yang berhasil menambah kursi partai adalah caleg dari Dapil Jawa Barat 1 Nurul Arifin dan caleg Dapil Papua Tengah Soedeson Tandra. Keduanya dipastikan melenggang ke Senayan setelah berhasil memenangkan sengketa di dapilnya masing-masing.

“Kedua kader, Ibu Nurul dan Soedeson Tandra, menjadi kader yang gigih memperjuangkan kemenangan Golkar di PHPU MK. Keduanya putra-putri terbaik Partai Golkar yang telah melengkapi jumlah perolehan kursi menjadi 102,” ungkap dia. 

Lebih lanjut, Doli menyatakan, perolehan kursi Golkar di DPR RI menunjukkan masyarakat menerima dan menyetujui sikap serta kebijakan Partai Golkar selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, Golkar konsisten mengamankan kebijakan strategis Presiden Jokowi dan berkomitmen menjaga keberlanjutan dengan mendukung penuh pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," ujar Doli. sinpo

Komentar: