AHY Serahkan Sertifikat Tanah Langsung ke Warga Kopo Bandung

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 09 Juni 2024 | 16:26 WIB
Penyerahan sertipikat tanah hasil program PTSL kepada warga Kabupaten Bandung (SinPo.id/ ATR/BPN)
Penyerahan sertipikat tanah hasil program PTSL kepada warga Kabupaten Bandung (SinPo.id/ ATR/BPN)

SinPo.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Kabupaten Bandung pada Minggu, 9 Juni 2024.

Sebanyak 25 sertifikat tanah diserahkan secara door to door di Desa Kopo, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung.

Adapun teknis penyerahan, yakni tujuh sertifikat dibagikan langsung ke rumah warga dan 18 sertifikat sisanya diberikan dalam momen ngariung bersama warga. AHY mengatakan, selain memiliki kepastian hukum, tanah masyarakat kini punya nilai ekonomi. 

"Ini punya nilai, selain kepastian hukum juga punya nilai ekonomi, jika dibutuhkan, dijaminkan untuk usaha, kalau butuh tambahan modal bisa menggunakan sertipikat ini, tapi jangan untuk hal konsumtif," kata AHY dalam keterangan resminya, Minggu, 9 Juni 2024.

Oleh karenanya, AHY mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga sertipikatnya dengan baik. Terlebih, dia menemukan warga yang sudah tinggal sejak 1965 dan baru memiliki sertipikat di tahun ini. 

Artinya, kata dia, terdapat warga yang menunggu kepastian hukumnya puluhan tahun.

"Inilah kenapa pemerintah akan terus gencar melakukan program sertipikasi, yaitu PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, red) agar seluruh warga di Indonesia termasuk di Kabupaten Bandung bisa punya sertipikat yang jelas, sehingga tidak tumpang tindih dengan pihak lain apalagi kalau nanti diserobot mafia tanah," ungkap dia. 

Lebih jauh, AHY kembali mengimbau, agar masyarakat yang belum punya sertipikat segera mengurus ke Kantor Pertanahan. 

"Saya mengimbau kepada warga agar mendaftarkan segera mengurus sertipikatnya, mudah sekali, datang langsung ke Kantor Pertanahan, kita akan bantu layani dengan sebaik mungkin," ujar AHY. 

Untuk diketahui, dalam kurun waktu 100 hari kerja Menteri AHY, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal pendaftaran tanah, yakni sebanyak 2,4 juta bidang tanah terdaftar. Diharapkan dengan penambahan ini dapat mewujudkan terdaftarnya 120 juta bidang tanah di akhir 2024.sinpo

Komentar: