Soal Penyebab Kebakaran KM Umsini, Kemenhub Tunggu Hasil Penyelidikan

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 09 Juni 2024 | 11:42 WIB
KM Umsini terbakar. (SinPo.id/Istimewa)
KM Umsini terbakar. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunggu hasil penyelidikan untuk mengetahui penyebab dari terbakarnya KM Umsini saat sandar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu pagi.

"Kami menunggu hasil penyelidikan penyebab kebakaran dari pihak yang berwenang," kata Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Perhubungan Laut, Hary Bowo Seno Putro kepada wartawan, Minggu, 9 Juni 2024.

Namun, Kemenhub sangat bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Hal itu tidak terlepas dari cepatnya proses penanganan.

Ditjen Hubla, kata Hary, juga menyediakan sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran untuk membantu proses pemadaman. Saat ini, sedang dalam proses pendinginan.

"Proses penanganan dilakukan dengan cepat oleh para ABK dan evakuasi penumpang berjalan dengan lancar. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses pemadaman," kata Hary. 

Lebih lanjut, Kemenhub meminta PT. Pelni dan seluruh stakeholder terkait untuk mengevaluasi atas kejadian ini, agar tidak terulang.

"Agar ke depan keamanan dan keselamatan dalam dunia pelayaran, dapat terlaksana dan tidak terulang kembali," kata dia.sinpo

Komentar: