DPR Soroti Peluang BUMN untuk Berperan Dukung Penyelenggaraan Haji

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 09 Juni 2024 | 12:55 WIB
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Luluk Nur Hamidah. (Ashar/SinPo.id)
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Luluk Nur Hamidah. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Luluk Nur Hamidah menyoroti peluang BUMN untuk mengambil peran strategis dalam mendukung penyelenggaraan haji, sekaligus menjajaki bisnis terkait dengan pelaksanaan haji.

Menurutnya, banyaknya jumlah jamaah haji Indonesia yang mencapai ratusan ribu setiap tahunnya menjadi hal yang positif untuk terus digali terkait dengan kebutuhannya, salah satunya lewat penyediaan bahan makanan untuk jemaah haji.

“Kita juga akan meminta kepada BUMN pangan kita seperti ID FOOD atau RNI untuk melihat kemungkinan sekaligus juga peluang bagi perbaikan tahun-tahun yang akan datang khususnya yang kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan pangan bagi para jamaah haji kita,” kata Luluk, dalam keterangan persnya, dikutip Minggu 9 Juni 2024.

Ia meminta pemerintah untuk jeli dalam membuat perjanjian perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi, agar upaya Indonesia untuk masuk ke dalam sistem penyedia penyelenggaraan haji dapat berjalan maksimal. Namun DPR juga akan membantu untuk menuelesaikan masalah di lapangan.

“Saya kira kan pemerintah ini sudah punya ya kontak kontak bisnis yang ada di sini, dan bisa dilakukan G to G atau B to B itu gitu. Kalau B to B makanya juga peluang bagi BUMN namanya kita mau liat regulasi seperti apa tadi sempat ada isu kaitannya dengan perjanjian perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi," ungkapanya.

"Sehingga BUMN kita juga bisa berkontribusi secara maksimal dan mengambil peran strategis karena ini menyangkut apa ya cuma kita yang jumlahnya ratusan ribu kan sayang kalau kemudian ini justru terus menerus uang keuntungan itu mengalir ke tetangga kita,” kata Luluk menambahkan.sinpo

Komentar: