Astronot yang Foto Bumi Berwarna Pertama Meninggal dalam Kecelakaan Pesawat di AS

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 09 Juni 2024 | 12:22 WIB
Foto bumi berwarna pertama yang diambil oleh William Anders. (SinPo.id/NASA)
Foto bumi berwarna pertama yang diambil oleh William Anders. (SinPo.id/NASA)

SinPo.id - Astronot yang mengambil foto berwarna pertama Bumi dari luar angkasa, William Anders (90), dikabarkan telah meninggal dalam kecelakaan pesawat di Amerika Serikat (AS).

Dia juga merupakan satu-satunya orang di dalam pesawat kecil yang ia ke darai ketika pesawat itu jatuh di lepas pantai Pulau Jones, dekat negara bagian Washington.

"Dia adalah pilot yang hebat dan kami akan sangat merindukannya," kata putranya, Greg Anders yang mengonfirmasi kematian tersebut, seraya menambahkan bahwa keluarganya hancur. Dilansir dari Sky News pada Minggu, 9 Juni 2024.

Tercatat Anders telah mengitari bulan dengan Apollo 8 pada bulan Desember 1968, dalam penerbangan luar angkasa manusia pertama yang meninggalkan orbit Bumi. 

Selama penerbangan, Anders mengambil salah satu foto paling ikonik yang pernah diambil, yakni gambar Bumi yang terbit di atas cakrawala bulan.

"Kami telah bergerak mundur dan terbalik, tidak benar-benar melihat Bumi atau Matahari, dan ketika kami berputar dan berputar, kami melihat Bumi terbit pertama," kata Anders dalam wawancara tersebut.

"Melihat bola yang sangat halus dan berwarna-warni ini, yang bagi saya tampak seperti hiasan pohon Natal yang muncul di atas lanskap bulan yang sangat mencolok dan jelek ini benar-benar kontras," lanjutnya.

Foto itu bahkan dianggap sebagai pemicu gerakan lingkungan global karena menunjukkan betapa halus dan terisolasinya Bumi dari luar angkasa.sinpo

Komentar: