KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Ribuan Penumpang Berhamburan

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 09 Juni 2024 | 10:00 WIB
KM Umsini terbakar di pelabuhan. (SinPo.id/Istimewa)
KM Umsini terbakar di pelabuhan. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Kapal PT Pelni KM Umsini mengalami kebakaran saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu pagi, 9 Juni 2024. Akibatnya, ribuan penumpang berhamburan panik menyelamatkan diri.

Video serta foto kebakaran itu viral di media soial aplikasi X (twitter), dimana tampak kepulan asap hitam tebal menyelimuti seluruh area pelabuhan.

Dari informasi yang beredar, peristiwa bermula saat KM Umsini yang berlayar dari Bau Bau, Sulawesi Tenggara (Sultra), bersandar di Dermaga Pelabuhan Soekarno-Hatta, sekitar pukul 05.00 WITA, hingga akhirnya terjadi ledakan dan membuat penumpang panik berhamburan untuk ke luar dari kapal.

Penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui. Petugas pemadam kebakaran dari berbagai armada dikerahkan untuk memadamkan api. 

Kapal bantu juga didatangkan untuk membantu proses pemadaman. Kepulan asap yang tebal dan api yang berkobar membuat petugas kewalahan. Berbagai akses untuk menjangkau titik api, seperti jendela, terpaksa dirusak.

Proses pemadaman masih terus berlangsung. Kepanikan para penumpang membuat mereka meninggalkan barang bawaan mereka dan berdesak-desakan untuk menyelamatkan diri. 
Menurut pengakuan beberapa penumpang, ada beberapa lansia yang mengalami kesulitan saat berusaha turun dari kapal.sinpo

Komentar: