Mendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil Jelang Iduladha 2024

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 08 Juni 2024 | 19:29 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (SinPo.id/Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (SinPo.id/Kemendag)

SinPo.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas memastikan, harga kebutuhan bahan pokok relatif stabil menjelang libur Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah/2024.

"Bahan kebutuhan pokok semua lengkap, harga stabil," kata Zulhas dalam keterangannya, Sabtu, 8 Juni 2024. 

Saat memantau Pasar Karangayu Semarang, Jawa Tengah, Zulhas menyampaikan bahwa terlihat semua harga kebutuhan pokok masih dalam batas aman.

Menurutnya, harga beras medium dan premium kisaran Rp13 ribu- Rp15 ribu per kilogram (kg)  harga telur Rp28 ribu per kg, dan daging ayam Rp35 ribu per kg. "Ayam mungkin karena banyak sentranya, jadi terlalu murah. Kalau Rp35 ribu peternaknya rugi," kata dia.

Sementara itu, untuk kenaikan harga justru terjadi pada bawang merah yang dijual Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kg. Kendati naik, menurut Zulhas, harga bawang masih di bawah harga yang ditentukan pemerintah agar petani bisa mendapat untung. Adapun harga yang ditentukan pemerintah sebesar Rp60 ribu per kg.

Dalam kunjungannya tersebut, Zulhas membagikan sekitar 200 paket beras gratis kepada pengunjung pasar. Hal ini kerap dia lakukan saat melakukan kunjungan ke pasar. "Selalu saya kalau ke pasar beli beras untuk dibagi-bagi," kata dia.sinpo

Komentar: