IDULADHA 2024

Mentan Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Jelang Iduladha Aman

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 07 Juni 2024 | 20:44 WIB
Ilustrasi pedagang hewan kurban (SinPo.id/ Ashar)
Ilustrasi pedagang hewan kurban (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan ketersediaan hewan kurban jelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha, baik Sapi, Kerbau, Kambing maupun Domba, telah dipastikan aman dan mencukupi.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), secara nasional, kebutuhan hewan kurban berada pada angka 1,97 juta ekor, dengan ketersediaannya yang mencapai 2,06 juta ekor. Ketersediaan hewan kurban tahun ini berpotensi surplus hingga 88 ribu ekor. 

“Persiapan kurban Insyaallah aman, cukup sampai kita Iduladha nanti, saya sudah terima laporannya, dan aman, jumlahnya sangat cukup," kata Amran, dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 7 Juni 2024.

Tidak hanya sisi ketersediaan, dirinya mengaku juga fokus dalam memastikan aspek kesehatan hewan ternak atau kurban, sebagai langkah penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kurban tahun ini. 

“Kami memastikan sertifikat kesehatan ternak yang dilalulintaskan sudah lengkap, memeriksa ear tag untuk menjamin ternak telah teregister dan kami menerjunkan petugas kesehatan hewan di kab/kota untuk melakukan pengecekan rutin di penampungan ternak," ungkapnya.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI