PENGEMBANGAN INVESTASI

Pimpinan MPR Dukung Pengembangan Pariwisata Lewat Peningkatan Investasi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 07 Juni 2024 | 20:57 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (SinPo.id/ Dok. MPR)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (SinPo.id/ Dok. MPR)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) mendukung percepatan pengembangan pariwisata nasional melalui peningkatan investasi. Peningkatan itu diharap mampu mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Menurut Rerie, upaya pengembangan pariwisata membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.  Dia menilai upaya mendorong para investor untuk berinvestasi di sektor wisata sangat diperlukan.

"Mewujudkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, mendorong para investor agar mau berinvestasi di sektor wisata sesuai dengan perencanaan yang ada sangat diperlukan," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 7 Juni 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebelumnya menyampaikan jika investasi di sektor pariwisata Indonesia berkisar antara Rp244 triliun hingga Rp325 triliun. Investasi tersebut direncanakan untuk mendongkrak pengembangan sektor pariwisata berkelanjutan.

Capaian investasi sektor pariwisata di Indonesia pada beberapa tahun sebelumnya selalu mencapai sekitar Rp48 triliun. Namun, capaian tersebut masih berfokus pada sektor perhotelan berbintang, restoran, serta pusat kebugaran.

Rerie berpendapat konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang diproyeksikan memberi dampak jangka panjang baik terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi itu memerlukan dukungan yang nyata.

Karena itu, kata dia, upaya menarik minat investor dalam pengembangan sektor pariwisata harus benar-benar diarahkan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati.

Rerie berharap peningkatan target nilai investasi yang diharapkan dapat direalisasikan tanpa mengabaikan konsep pengembangan yang berkelanjutan.

Selain itu, Rerie pun mendorong agar para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah serta masyarakat mampu mewujudkan proses pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di setiap daerah di Tanah Air.

Dengan begitu, sektor pariwisata dapat diharapkan menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional saat ini hingga masa depan nanti.sinpo

Komentar: