KEMACETAN JAKARTA

Galian di Jalan Cikini Raya Sebabkan Kemacetan, Pemprov DKI Minta Maaf

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 07 Juni 2024 | 18:58 WIB
Ilustrasi macet (SinPo.id/ Ashar)
Ilustrasi macet (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) meminta maaf terkait kemacetan hingga berbulan-bulan yang disebabkan galian proyek pembangunan saluran air limbah. 

"Kami Dinas SDA memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang terimbas dari kegiatan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP)," ujar Ketua Subkelompok Pembangunan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Air Limbah Dinas SDA DKI Jakarta, Robby Dwi Mariansyah, dalam keterangan tertulis, Jumat, 7 Juni 2024.

Robby menyampaikan, Pemprov DKI bersama Pemerintah Pusat tengah membangun sistem pengelolaan limbah domestik terpusat dan terintegrasi yang terdiri dari 15 zona (zona nol-zona 14) di Se-DKI Jakarta.

Menurut dia, JSDP termasuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) dan kegiatan strategis daerah (KSD) yang ditujukan memperbaiki kualitas air limbah dengan meningkatkan cakupan pengelolaan air limbah di provinsi.

"Jalan Cikini Raya termasuk ke dalam JSDP Zona 1 paket 5. Dan merupakan area perkantoran dan terdapat perbedaan struktur tanah dibandingkan wilayah lain," ungkap dia. 

Adapun lokasi pekerjaan untuk paket 5 berada di tiga kecamatan di Jakarta Pusat dan satu kecamatan di Jakarta Barat, yakni Kecamatan Menteng, Kecamatan Gambir, Kecamatan Sawah Besar, Kecamatan Taman Sari. Paket ini dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta. 

Lebih jauh, Roby mengungkapkan, pekerjaan konstruksi dimulai sejak akhir tahun 2023 dan ditargetkan rampung pada Januari 2027. Nilai kontraknya Rp 787,16 miliar dengan sumber anggaran APBD DKI Jakarta.

"Pembangunan dilakukan secara bertahap, jadi proyek multi years," kata Roby. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI