Hewan Kurban di 119 Lokasi Penampungan di Jakarta Dinyatakan Sehat

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 04 Juni 2024 | 19:49 WIB
Ilustrasi hewan kurban (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi hewan kurban (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menyatakan hewan kurban di 119 lokasi penampungan di Jakarta dalam kondisi sehat dan terpenuhi secara syariat Islam.

"Alhamdulillah tidak (ada yang terkena penyakit). Jadi secara syariat Islam terpenuhi," kata Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati dalam keterangannya, Selasa, 4 Juni 2024.

Suharini mengatakan, jumlah lokasi penampungan hewan di Jakarta akan terus bertambah dan begitu juga dengan angka hewan kurban yang tersedia.

Menurut dia, Dinas KPKP telah memeriksa sebanyak 10.800 ekor hewan yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba hingga 31 Mei 2024.

"Akan bertambah lagi karena memang dari data kami dua tahun terakhir itu kurang lebih ada di 61 ribu baik itu sapi, kerbau, kambing ataupun domba. Yang terbanyak memang sapi dan kambing," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Suharini mengungkapkan, pemeriksaan hewan kurban akan terus berjalan hingga 10 Dzulhijah atau bertepatan dengan Hari raya Idul Adha ditambah tiga hari tasyrik. 

Nantinya, kata dia, pada Hari Idul Adha sebanyak 100 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban ditugaskan di wilayah DKI Jakarta.

"Biasanya yang kami temui itu adalah stres perjalanan saja karena jauh dan cuaca sedang panas," ujar Suharini. sinpo

Komentar: