Golkar Sebut Pencalonan Ridwan Kamil di Pilkada Masih Tunggu Hasil Survei

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 04 Juni 2024 | 20:14 WIB
Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus (SinPo.id/G24)
Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus (SinPo.id/G24)

SinPo.id - Partai Golkar mengaku belum menentukan pencalonan Ridwan Kamil atau Kang Emil pada Pilkada 2024. Partai besutan Airlangga Hartarto itu masih harus melakukan evaluasi untuk menentukan Kang Emil bertarung di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat (Jabar).

"Pak RK sementara kita masih evaluasi ke mana, karena di lapangan masih cair banget. Di mana kira-kira Pak RK mau diletakkan, apakah di Jawa Barat? atau di DKI? Kita masih menunggu," kata Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Lodewijk mengatakan pihaknya saat ini tengah menggelar survei kedua untuk mematangkan pencalonan tokoh-tokoh di pilkada. Menurutnya, Kang Emil dan tokoh lain yang bakal diusung sedang ditugaskan untuk berkomunikasi dengan partai-partai koalisi dan bakal calon pasangannya.

"Golkar kita sudah evaluasi untuk survei pertama. Kita akan lanjut pada survei kedua dan kita akan, pada orang-orang tertentu, kita memberikan surat perintah, yang sudah mendekati seperti surat keputusan. Jadi di situ kalau yang pertama beliau hanya sosialisasi. Nah ini sudah ada perintah untuk mencari partai-partai koalisi termasuk pasangannya siapa," ujar Lodewijk.

Wakil Ketua DPR ini mengatakan akan terus mengikuti dinamika konstelasi koalisi yang berkembang menjelang pilkada. Dia menyebut keputusan Gerindra yang akan mencalonkan Kang Emil di Pilkada DKI Jakarta akan menjadi bahan pertimbangan di internal partai.

"Ya tentu kita melihat karena peta politik di lapangan ada yang menginginkan di Jawa Barat, ada juga yang di DKI," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengungkapkan partainya memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jakarta. Dasco mengatakan Gerindra ingin mengusung Ridwan Kamil bersama kader internal di Pilgub Jakarta.

"Soal posisi Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco.sinpo

Komentar: