Menpora Tegaskan Pemain Timnas yang Dinaturalisasi Keturunan Indonesia

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 03 Juni 2024 | 18:22 WIB
Menpora Dito Ariotedjo (SinPo.id/ Ashar)
Menpora Dito Ariotedjo (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menegaskan, naturalisasi pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang dilakukan Kemenpora hanya untuk atlet yang memiliki darah atau keturunan Indonesia.

"Jadi saat ini yang kami optimalisasi adalah database potensi atlet keturunan Indonesia di seluruh dunia dan di seluruh cabang olahraga," kata Dito dalam rapat dengan Komisi III DPR RI, Senin 3 Juni 2024.

Ia menjelaskan, Kemenpora telah mendapatkan 600 nama atlet dari 13 cabang olahraga yang merupakan keturunan Indonesia dari hasil pantauan selama ini, di antaranya Jens Raven dan Calvin Ronald Verdonk.

Tercatat, Verdonk yang berusia 27 tahun merupakan pemain di liga utama Belanda (Eredivisie). Dia memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang kelahiran Meulaboh, Aceh.

Sementara Raven, yang berusia 19 tahun telah memperkuat klub FC Dordrecht U-21 dan berposisi sebagai penyerang. Dia juga berdarah Indonesia dari ayah dan neneknya yang merupakan kelahiran Yogyakarta.

Dengan demikian, Dito berharap keduanya dapat bertanding dalam laga Irak dan Filipina untuk mengharumkan bangsa Indonesia.

Diketahui, Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Irak pada Kamis 6 Juni 2024 pukul 16.00 WIB mendatang. Sementara Timnas Filipina, akan dijamu pada Selasa 11 Juni 2024 malam WIB. Kedua laga tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.sinpo

Komentar: