Heru Budi Bantah Pemprov DKI Bakal Bongkar Tiang Monorel di Senayan dan Kuningan

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 03 Juni 2024 | 17:20 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru. (SinPo.id/Pemprov DKI)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru. (SinPo.id/Pemprov DKI)

SinPo.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan, tiang - tiang bekas pembangunan kereta Monorel di wilayah Senayan dan Kuningan, Jakarta Selatan, belum akan dibongkar. 

Heru justru mempertanyakan pihak yang menghembuskan kabar pembongkaran tiang bekas konstruksi Monorel tersebut. "Pertama saya tanya itu info dari mana? Saya saja baru tahu dari beritanya teman-teman (wartawan)," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 3 Juni 2024. 

Diketahui, konstruksi itu dibangun di era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada tahun 2004 dan pencanangan pembangunannya oleh Presiden RI Megawati di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan pada 14 Juni 2004.

Heru menjelaskan, sejauh ini pemerintah daerah belum berencana membongkar tiang-tiang tersebut. "Saya nggak ada niat berpikir ke situ (bongkar tiang Monorel). Jadi beritanya, saya baca dari teman-teman media dan saya nggak tahu," kata Heru.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, juga mempertanyakan kabar yang beredar tentang pembongkaran tiang-tiang tersebut. "Kata siapa (dibongkar)? Saya belum tahu rencana itu, dan saya nanya (ke pegawai) juga belum tahu," ujar Joko. 

Untuk diketahui, tiang-tiang monorel yang berada di antara jalur cepat dan jalur lambat Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, mulai dianggap menganggu. 

Proyek monorel Jakarta itu sebelumnya diresmikan Presiden Megawati Soekarnoputri serta Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada 2004 lalu. Kala itu, Sutiyoso merencanakan monorel masuk dalam transportasi berintegrasi di DKI, selain Transjakarta dan rencana pembangunan MRT. Namun, di era Gubernur DKI Fauzi Bowo, proyek tersebut dihentikan dengan alasan keuangan.sinpo

Komentar: