SBY Puji Pidato Prabowo: Strong and Also Beautiful

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 03 Juni 2024 | 10:59 WIB
Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto bertemu Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu. (SinPo.id/Ashar)
Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto bertemu Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji pidato Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura. Pidato itu dinilai sebagai komitmen Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Pidato Menhan Prabowo Subianto, yang juga Presiden Indonesia terpilih di forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura 'strong and also beautiful'. Pidato tersebut mendapatkan respons yang umumnya positif dari banyak kalangan. Thanks Pak Prabowo," tulis SBY melalui akun resmi X @SBYudhoyono yang dikutip pada Senin, 3 Juni 2024.

SBY juga menyebut jika sikap Prabowo itu mendapat dukungan dari banyak pihak. Terpenting, inti pidato mendorong agar Israel melakukan gencatan senjata dan mewujudkan kemerdekaan Palestina secara penuh.

"Pernyataan beliau yang banyak mendapatkan dukungan adalah intinya, perlunya segera diwujudkan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat, dalam konsep 'two-state solution'. Juga mendesak dilakukannya gencatan senjata dan pengakhiran perang di Gaza," katanya.

Tak hanya itu, kata SBY, pidato Prabowo menakankan bahwa Indonesia selalu siap mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina yang menjadi korban kebringasan Israel.

 

"Juga kesiapan Indonesia untuk mengirimkan peacekeeping force dan medical unit untuk perawatan dan evakuasi penduduk Palestina yang terluka akibat ofensif Israel," ucapnya.

SBY menilai sikap Prabowo itu menunjukkan keteguhan sekaligus inisiatif dari pemimpin Indonesia mengatasi perang di Gaza. SBY mengatakan komitmen yang disampaikan Prabowo juga memperlihatkan aksi nyata Indonesia sebagai bagian dari solusi.

"Sebagai warga negara Indonesia dan sekaligus mantan presiden, saya bangga dan mendukung penuh langkah Pak Prabowo. Waktu masih memimpin Indonesia, saya juga pernah mengirimkan pasukan pemelihara perdamaian ke perbatasan Lebanon-Israel (tahun 2006 hingga sekarang). Inisiatif untuk mengirimkan Indonesian Peacekeeping Force itu saya sampaikan dalam pertemuan puncak OKI di Kuala Lumpur, dan waktu itu mendapatkan dukungan yang kuat dari banyak kalangan," kata SBY.

SBY menyebut Prabowo sudah berada di jalur yang tepat. Dia mengatakan akan memberi dukungan kepada pemimpin Indonesia.

"Sekarang, sebagai seorang yang tidak lagi di pemerintahan dan tentu tidak punya kekuasaan (power) untuk melakukan tindakan diplomasi, saya perlu secara eksplisit memberikan dukungan kepada pemimpin Indonesia dan juga sekali-sekali menyampaikan pesan moral dan pemikiran kepada dunia," kata SBY.

"Pak Prabowo, 'you are on the right track' dan telah menjadi 'foreign policy President'. Good luck and carry on!" tegasnya.

Sebelumnya, Prabowo tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address pada forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024. Dalam pidatonya, Prabowo menyoroti sejumlah isu strategis keamanan global yang menjadi perhatian dunia saat ini.

Salah satu yang dibahas Prabowo, yakni soal Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan bantuan ke Gaza dan jika diperlukan dan diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian. Dia juga siap mengirimkan tenaga medis untuk mengevakuasi warga Palestina.sinpo

Komentar: