Chile Ikut Dukung Tuntutan Kasus Genosida Israel di Mahmakah Internasional

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 03 Juni 2024 | 10:24 WIB
Presiden Chili, Gabriel Boric. (SinPo.id/Reuters)
Presiden Chili, Gabriel Boric. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Chile resmi bergabung dengan sekelompok negara yang menuntut Israel atas kasus genosida di Gaza yang diajukan tahun lalu di Mahkamah Internasional.

Presiden Chili, Gabriel Boric, mengatakan dalam pidatonya kepada anggota parlemen bahwa ia terkejut dengan krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza. Terutama kekejaman yang dilakukan Israel terhadap wanita dan anak-anak.

"Tentara Israel menggunakan kekuatan yang tidak pandang bulu dan tidak proporsional. Tindakan-tindakan ini menuntut tanggapan yang tegas dan permanen dari masyarakat internasional," kata presiden, dilansir dari AP, Senin 3 Juni 2024.

Selain itu, Boric juga mengecam dan mengkritik keras serangan Israel yang telah menewaskan lebih dari 35.000 warga Palestina. Terlebih sebagian besar di antaranya merupakan warga sipil wanita dan anak-anak yang tidak bersalah.

Chile bergabung dengan sekelompok negara yang sebagian besar merupakan negara berkembang, termasuk Meksiko, Brasil, dan Indonesia, yang telah mendukung petisi Afrika Selatan di Mahkamah Internasional.

Adapun tuntutan terkait Genosida tersebut diajukan oleh Afrika Selatan tahun lalu. Karena Israel dituduh telah melanggar kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida.sinpo

Komentar: