Bawaslu Bali Pastikan Kawal Pemilih Disabilitas di Pilakada 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 02 Juni 2024 | 20:42 WIB
Anggota Bawaslu Bali, Ketut Ariyani (SinPo.id/ Sigit)
Anggota Bawaslu Bali, Ketut Ariyani (SinPo.id/ Sigit)

SinPo.id - Badan Pengawas Provinsi Bali menyatakan bakal terus mendorong jumlah pemilih disabilitas pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Anggota Bawaslu Bali, Ketut Ariyani menegaskan, pihaknya akan memberikan perhatian khusus terhadap pemilih disabilitas. Sehingga, pada saat pencoblosan pemilih disabilitas dapat memberikan hak suaranya.

“Yang kami lakukan sekarang ini bagaimana memastikan kalau penyandang disabilitas betul-betul mendapatkan akses,” ujar Aryani dalam keterangannya dikutip Minggu, 2 Juni 2024.

Menurut dia, Bawaslu Bali akan terus mengawal pemilih disabilitas lantaran seluruh masyarakat Indonesia yang sebagaimana diatur dalam undang-undang mempunyai hak pilih.

"Jangan sampe nanti penyandang disabilitas tidak mendapatkan akses dalam menggunakan hak pilihnya nanti,” tuturnya. 

Seperti diketahui, Pilkada 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2024. Pilkada dilaksanakan di wilayah provinsi dan atau kabupaten/kota untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Adapun dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada 2024 sudah bisa diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai tanggal 8-12 Mei 2024.

Sementara itu, untuk jadwal pendaftaran bakal pasangan calon baik dari jalur partai politik atau perseorangan dapat dilakukan adalah 27-29 Agustus 2024.sinpo

Komentar: