PENGEMBANGAN UMKM PERTANIAN

Teten Apresiasi Rabo Foundation Dukung Perkembangan UMKM Pertanian

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 31 Mei 2024 | 18:26 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Menkop UKM Teten Masduki (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, mengapresiasi kontribusi dan komitmen Rabo Foundation dalam mendukung perkembangan UMKM pertanian di Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan akses terhadap pembiayaan yang berkelanjutan.

“Indonesia dan Belanda sudah seharusnya mempunyai hubungan yang sangat dekat. Salah satu kesamaan yang ada pada kedua negara adalah keunggulan kompetitif pada sektor pertanian,” kata Teten, di Utrecht, Belanda, dikutip Jumat 31 Mei 2024.

Ia yakin kerja sama investasi di sektor pertanian dapat memberikan manfaat bagi kedua negara. Terlebih pendampingan di sektor hulu-hilir yang kemudian dikombinasikan dengan kemudahan akses ke institusi pembiayaan, telah terbukti mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi. 

Selain itu, KemenKopUKM juga mendorong perusahaan rintisan di Indonesia untuk dapat bekerja sama dengan perusahaan rintisan di Belanda.

“Kerja sama dengan PUM Belanda terimplementasikan dalam bidang inkubasi. Saya berharap dapat bersinergi dengan Rabo Foundation, khususnya dalam peningkatan kapasitas UMKM melalui sistem pembiayaan yang berkelanjutan,” tandasnya.sinpo

Komentar: