PERTEMUAN MENHAN PRABOWO

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Kepala Staf Pertahanan Inggris

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 30 Mei 2024 | 19:36 WIB
Menhan Prabowo Subianto dikunjungi Kepala Staf Pertahanan Inggris Laksamana Sir Antony David Radakin (SinPo.id/Antara)
Menhan Prabowo Subianto dikunjungi Kepala Staf Pertahanan Inggris Laksamana Sir Antony David Radakin (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Kepala Staf Pertahanan Inggris Laksamana Sir Antony David Radakin di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Mei 2024. 

Kedatangan Radakin disambut oleh Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra. Kemudian keduanya memeriksa pasukan dan memberikan penghormatan kepada patung Presiden ke-1 RI Soekarno yang berdiri tegak di pelataran gedung utama Kemhan.

Selepas itu, Herindra bersama pejabat utama Kemhan, mengantarkan Radakin ke dalam gedung untuk bertemu Menhan Prabowo.

Prabowo, yang menunggu tepat di depan Aula Bhinneka Tunggal Ika, langsung menghampiri tamunya tersebut.

Prabowo menggunakan setelan jas berwarna abu-abu dengan peci hitam. Sedangkan Radakin mengenakan pakaian dinas kemiliteran. 

"Selamat datang, terima kasih," kata Prabowo ke Radakin.

Radakin sempat menyampaikan informasi mengenai acara pertahanan yang akan digelar minggu depan. Usai mengobrol singkat, Prabowo mempersilakan tamunya untuk masuk ke ruangan yang telah disediakan.

Pertemuan antara Prabowo dan Radakin berlangsung tertutup. Keduanya berdiskusi mengenai isu-isu pertahanan dan keamanan, serta peningkatan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Inggris.

Radakin pada Kamis pagi juga berkunjung ke Universitas Pertahanan (Unhan) RI, kampus yang merupakan binaan Kemhan. 

Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza menyambut kunjungan Radakin. Di Ruang Rapat Rektor, Kampus Pascasarjana Unhan, Jakarta, Jonni memperkenalkan Unhan kepada Radakin, termasuk program-program studi yang ada dan program riset dan pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Unhan.

Indonesia dan Inggris pada 2022 membangun kerangka kerja sama 2022–2024 yang termasuk di antaranya mencakup sektor pertahanan. Dalam sektor pertahanan, dua negara sepakat untuk latihan militer bersama, pertukaran kunjungan antar pejabat, pertukaran kadet, termasuk juga kerja sama membangun fregat Arrowhead 140 di galangan kapal PT PAL Indonesia, yang kapalnya disebut Fregat Merah Putih.sinpo

Komentar: