PERINGATAN HARI LANSIA

Mensos: Jangan Terlantarkan Orang Tua Lansia, Mereka Bukan Beban

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 29 Mei 2024 | 17:46 WIB
Mensos Tri Rismaharin (SinPo.id/ Ashar)
Mensos Tri Rismaharin (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini mengingatkan, para anak muda untuk tidak menelantarkan orang tuanya yang telah lanjut usia (lansia). Karena, setiap orang tidak akan berhasil dalam hidup, tanpa andil dari para orang tua.

"Mari kita ajarkan kepada anak-anak kita bahwa orang tua ini bukan menjadi beban. Tanpa mereka kita bukan apa-apa. Tanpa orang-orang tua yang dulu membina kita, kita bukan siapa-siapa, termasuk saya," kata Risma dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 dipantau secara virtual, Rabu, 29 Mei 2024. 

Risma menjelaskan, ketika usia sudah memasuki lansia, memang kemampuan seseorang akan mengalami penurunan. Hal itu merupakan sesuatu alamiah sebagai manusia.

Lagi pula, menurut Risma, saat kanak-kanak, diri kita juga tidak memiliki kemampuan seperti layaknya orang dewasa.

Untuk itu, Risma kembali mengingatkan, anak-anak harus menyadari bahwa orang tua bukanlah beban ketika menjadi lansia.

Sehingga, para orang tua tidak selayaknya ditelantarkan oleh anak-anaknya.

"Mari kita semua kembali lagi bahwa tanpa mereka kita bukan siapa-siapa. Kita bisa seperti ini, kita bisa tumbuh sehat seperti ini, itu karena orang tua. Itu yang harus kita ajarkan kepada anak-anak kita," tutur Risma.

Diketahui, Kementerian Sosial melaksanakan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2024 di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh pada 29 Mei 2024.

Kegiatan bertema "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat," ini berkomitmen untuk memberikan penghidupan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan lansia. sinpo

Komentar: