Menpora: Aquabike Indonesian Championship Siap Orbitkan Riders Bertalenta Tanah Air

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 29 Mei 2024 | 19:36 WIB
Menpora Dito Ariotedjo berfoto bersama usai meresmikan Aquabike Indonesian Championship 2024 (Sinpo.id)
Menpora Dito Ariotedjo berfoto bersama usai meresmikan Aquabike Indonesian Championship 2024 (Sinpo.id)

SinPo.id -  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, meresmikan Aquabike Indonesian Championship 2024-2025 Piala Menpora.

Menpora Dito menegaskan bahwa event ini bakal jadi cikal bakal menggaet para riders aquabike bertalenta tanah air.

"Dengan komitmen Indonesia menjadi host kejuaraan dunia sampai 2027 saya rasa ini adalah awal mula dimana pembinaan dan penyiapan riders dan tim-tim dari Indonesia untuk aquabike ini kedepan juga akan jangka panjang," kata Menpora Dito di Media Center Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2024.

Bersama dengan PP IMI, Menpora Dito  berharap kejuaraan tingkat nasional Aquabike ini bisa semakin fokus hingga melahirkan juara yang akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia.

"Saya rasa ini akan menjadi fokus dari IMI juga dan kita tuan rumah semestinya riders dari Indonesia juga bisa berkiprah sampai menjadi juara," kata dia.

Aquabike juga diklaim, bakal meningkatkan perkembangan ekonomi bidang pariwisata, dimana event olahraga air ini menyedot banyak minat wisatawan.

"Kedepan yang namanya olahraga pariwisata seperti aquabike dan surfing ini sangat potensial dikemas secara kebersamaan, terintegrasi dimana akan mengangkat promosi Indonesia sebagai negara destinasi olahraga air," jelasnya.

"Jadi kita harus memberitahu dunia bahwa untuk olahraga air khususnya untuk aquabike atau surfing, disneylandnya itu ya ada di Indonesia," tukas Menpora.

Di lokasi yang sama, Direktur Olahraga Air PP IMI, Randi Wibawa menyampaikan Kejuaraan Nasional Aquabike sedianya akan dilaksanakan sebanyak lima seri, dengan lima lokasi berbeda.

Oleh karenanya, ia sangat berterima kasih atas support dari Menpora Dito dan Kemenpora.

"Jadi rencananya kami akan melaksanakan Kejuaraan Nasional Aquabike sebanyak lima seri. Untuk Seri 1 sudah kami laksanakan di Balige Danau Toba (1-3 Maret), Seri 2 di Samosir (28-30 Juni), Seri 3 di Manado, Sulawesi Utara , Seri 4 di Makassar dan Seri 5 di Ancol, Jakarta," kata Randi.

"Kami sampaikan terima kasih support dari Kemenpora dan Mas Menpora yang selalu mensupport untuk acara ini. Alhamdulillah negara selalu hadir untuk para pembalap nasional kita," imbuhnya.

Sebagai informasi, Aquabike Indonesian Championship 2024-2025 Piala Menpora merupakan bagian dari persiapan menghadapi Aquabike Jetski World Championship yang akan berlangsung November 2024 mendatang.

Melalui kejurnas ini, akan dicari 10 pembalap terbaik untuk mewakili Indonesia dalam Aquabike World Championship.

Terdekat, Aquabike Indonesian Champhionship Series 2 akan digelar di Waterfront City Pangururan pada tanggal 28-30 Juni 2024.

Dalam seri kali ini akan diikuti kurang lebih 30 pembalap nasional, dengan kelas yang dipertandingkan yaitu Endurance Race, Paralal Slalom dan Hydro Flight.sinpo

Komentar: