Indonesia Harap Negara Lain Susul Norwegia, Irlandia-Spanyol Akui Palestina

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 29 Mei 2024 | 12:44 WIB
Menlu RI Retno Marsudi. (SinPo.id/Dok. Kemlu)
Menlu RI Retno Marsudi. (SinPo.id/Dok. Kemlu)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengapresiasi keputusan Norwegia, Irlandia, dan Spanyol untuk mengakui negara Palestina.

Menurut Retno, pengakuan itu sangat  penting untuk mewujudkan solusi dua negara. 

"Mendorong agar negara-negara Eropa lain juga ikut mengakui negara Palestina," kata Retno dalam keterangannya pada Rabu, 29 Mei 2024. 

Apresiasi ini disampaikan langsung oleh Retno Marsudi kepada Menlu Spanyol Jose Manuel Albares di Brussels, Belgia, pada Minggu lalu, 26 Mei, dalam rangka kunjungannya untuk menghadiri pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan negara-negara Eropa khusus untuk membahas isu Palestina.

Pada hari Senin, Retno juga menemui Menlu Irlandia Micheal Martin dan dilanjutkan dengan pertemuan dengan Menlu Norwegia Espen Barth Eide, untuk menyampaikan penghargaan serupa.

"Menghargai keputusan Norwegia yang mengakui negara Palestina, yang sangat penting untuk mendukung perjuangan dan kenegaraan Palestina," kata Retno. 

Norwegia, Irlandia dan Spanyol secara resmi mengakui negara Palestina pada Selasa, sebagai upaya untuk mempercepat gencatan senjata dalam perang Israel dengan kelompok Palestina, Hamas, di Jalur Gaza.

Ketiga negara Eropa itu berharap keputusan mereka akan mendorong negara-negara Uni Eropa lainnya melakukan hal yang sama mengakui negara Palestina.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan, Madrid mengakui kesatuan negara Palestina, termasuk Jalur Gaza dan Tepi Barat, di bawah Otoritas Nasional Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Departemen Luar Negeri Irlandia mengatakan, akan meningkatkan status kantor perwakilannya di Ramallah, Tepi Barat, menjadi kedutaan dan menunjuk seorang duta besar untuk bertugas di sana.

Dengan langkah ketiga negara Eropa tersebut, berarti 146 dari 193 negara anggota PBB kini mengakui negara Palestina.

Dari 27 negara anggota Uni Eropa, Swedia, Siprus, Hongaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Romania, dan Bulgaria sebelumnya telah mengakui negara Palestina.

Slovenia diperkirakan akan menyusul menyetujui pengakuan terhadap Palestina pada Kamis, 30 Mei 2024, sementara Malta mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah yang sama.sinpo

Komentar: