Bertemu CPPCC, Puan Harap Hubungan Ekonomi Indonesia-China dapat Ditingkatkan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 29 Mei 2024 | 13:13 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu Chinese People's Political Consultative Conference (CPPCC) Wang Huning. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu Chinese People's Political Consultative Conference (CPPCC) Wang Huning. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai, perkembangan ekonomi dunia yang menunjukkan gejala fragmentasi dapat menjadi peluang untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan China.

Terlebih, China merupakan salah satu mitra terpenting, karena menjadi salah satu mitra perdagangan dan investasi terbesar di Indonesia. Puan berharap kerja sama kedua negara dapat memberikan dampak konkret dan bermamfaat bagi Indonesia dan China.

“Saya mendorong peningkatan perdagangan kedua negara di tengah berbagai ketidakpastian global yang terjadi saat ini,” kata Puan, dalam Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China di Gedung Great Hall of The People, di Beijing, dikutip Rabu 29 Mei 2024.

Ia mengatakan, sejak tahun 2021, perdagangan Indonesia dan China mencatat kenaikan signifikan pertama kali melebihi US$100 miliar. Kemudian pada tahun 2023 perdagangan kedua negara tercatat sebesar US$127 miliar. Meski demikian, potensi perdagangan masih dapat terus dikembangkan.

“Di bidang investasi, saya mendorong lebih banyak investasi Tiongkok di Indonesia. Indonesia tentu siap untuk menjadi bagian rantai pasok global (global supply chain) dalam hubungan ekonomi yang saling menguntungkan,” ungkapnya.

Dalam kaitan ini, Puan mengharapkan investasi China di Indonesia dapat memperhatikan aspek sustainability/berkelanjutan dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Termasuk dalam peningkatan standar Environmental, Social, and Governance (ESG).sinpo

Komentar: