PILKADA JAKARTA

KPU DKI Pastikan Transparan di Tiap Tahapan Pilgub Jakarta 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 26 Mei 2024 | 20:34 WIB
Ilustrasi Pemilu (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi Pemilu (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjamin bakal terbuka dan transparan di setiap tahapan pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Oleh karenanya, tidak akan ada intervensi dari lembaga pemerintah mana pun selama pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta mendatang. 

"Kita meyakini karena kita membuka secara transparan, proses dan tahapannya dengan terbuka, kita yakin cara kita menghindari intervensi dengan membuka semua tahapan," ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya, Minggu, 26 Mei 2024.

Menurut dia, kerawanan intervensi dari pihak tertentu dalam kontestasi pemilu maupun pilkada dapat diatasi jika prosesnya berjalan dengan transparan. 

"Jadi kalau prosesnya terbuka, maka akan sulit, bagi pihak-pihak lain untuk melakukan intervensi, kami meyakini hal tersebut," ungkap dia. 

Lebih jauh, Dody pun mengajak masyarakat agar ikut mengawal proses pemilihan. Dia mempersilakan masyarakat melapor jika ditemukan kerentanan intervensi.

"Kalau ada hal-hal yang agak miring-miring dikit-dikit lah, terutama kan teman-teman punya saluran komunikasi, bisa memberikan masukan saran dan sebagainya," kata Dody. 

Seperti diketahui, Pilkada 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2024. Pilkada dilaksanakan di wilayah provinsi dan atau kabupaten/kota untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah.sinpo

Komentar: