Kasus Vina Cirebon, Polisi Sebut Pegi Perong Berteman Sejak Kecil dengan Korban Rizky

Laporan: Firdausi
Minggu, 26 Mei 2024 | 14:36 WIB
Konfrensi Pers pengungkapan kasus Vina Cirebon. (SinPo.id/Dok.Humas Polda Jabar)
Konfrensi Pers pengungkapan kasus Vina Cirebon. (SinPo.id/Dok.Humas Polda Jabar)

SinPo.id - Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, dari hasil pendalaman ternyata Pegi Setiawan alias Perong berteman sejak kecil dengan korban Muhammad Rizky atau Eki dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon.

"Dari hasil keterangan PS mengaku berteman sejak kecil dengan korban Rizky," kata Jules Abraham dalam konfrensi persnya, Minggu, 26 Mei 2024. 

Abraham menjelaskan, dari keterangan sejumlah saksi, ada upaya Pegi menghilanglangkan identitasnya dengan berganti nama menjadi Robi Iriawan. 

"Ada upaya pelaku menghilangkan identitas mengganti nama menjadi Pegi Iriawan," ujarnya. 

Upaya Pegi menghilangkan identitas aslinya itu berlangsung selama tiga tahun, mulai dari tahun 2016 sampai 2019. 

"Ada upaya pelaku menghilangkan identitas sekitar bulan September 2016 sampai 2019 menyewan kamar kosan di Katapang Kabupaten Bandung dan mengaku bernama Robi Irawan," ujarnya. 

Abraham juga menambahkan, sejak 2016 silam, penyidik lama pernah mendatangi kediaman Pegi, namun yang bersangkutan sudah merantau. 

"Penyidik lama pada tahun 2016 pernah mendatangi rumah Pegi, namun yang bersangkutan tidak ada di lokasi," ujarnya. 

"Kemudian mengamankan motor Smash warna pink. Dan penyidik memfoto DPO didinding dan foto iti diperlihatkan kepada saksi dan membenarkan bahwa itu adalah Pegi Perong," jelasnya. 

Diketahui, Polda Jawa Barat telah menangkap salah satu daftar pencarian orang (DPO) di kasus pembunuhan Vina Cirebon bernama Pegi Setiawan alias Perong. Pegi disebut-sebut sebagai otak pembunuhan Vina. 

Pegi ditangkap di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 21 Mei 2024, sekitar pukul 18.25 WIB. Dari hasil pemeriksaan, ternyata Pegi bekerja sebagai kuli bangunan. sinpo

Komentar: