IPW: Kemanusiaan Kapolri Sangat Kuat Loloskan Casis Bintara Korban Begal

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 18 Mei 2024 | 18:53 WIB
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso (SinPo.id/ TB News)
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso (SinPo.id/ TB News)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan memberikan penghargaan khusus kepada Satrio Mukhti, casis bintara Polri yang menjadi korban begal di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso memuji sisi kemanusiaan yang di tunjukan Jenderal Sigit.

"Aspek kemanusiaan Kapolri sangat kuat dalam meloloskan Satrio sesuai dengan prinsip BETAH atau bersih, transparan, dan humanis, dalam rekrutmen Polri," kata Sugeng dalam keterangannya dikutip Sabtu, 18 Mei 2024.

Sugeng menilai Jenderal Sigit mempunyai hak memberikan penghargaan tersebut. Dia juga berharap Satrio Mukhti dapat lolos semua tahap seleksi masuk Polri. "Kuota disabilitas adalah prerogatif Kapolri, jadi hal itu memiliki dasar legitimasi. IPW berharap juga pemeriksaan fisik dan psikologi casis Satrio memenuhi syarat ya. Dari sisi spirit, casis Satrio terlihat sangat kuat untuk menjadi polisi mengayomi masyarakat dan juga dia dari keluarga sederhana," ucapnya.

Dia pun yakin dan percaya apa yang diterima Satrio karena selama ini menjadi pribadi yang baik. "Setiap manusia memiliki jalannya masing-masing. Rezeki yang diterima Satrio bisa jadi karena jalan hidupnya yang baik dan diganjar oleh Tuhan dengan berkah, walau harus dilalui dengan cobaan berat dibegal," imbuhnya.

Seperti diketahui, nasib baik berpihak terhadap Satrio Mukti Raharjo (18), calon siswa (casis) Bintara Polri yang dibegal kawanan bersenjata tajam di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Kini Satrio diberikan penghargaan khusus oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan diterima menjadi anggota Polri melalui kuota disabilitas. 

"Bapak Kapolri memberikan penghargaan kepada adik kita, Satrio Mukhti diterima sebagai anggota Polri," kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri), Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya pada Jumat, 17 Mei 2024. 

Dedi mengungkapkan, bahwa Kapolri bangga terhadap keberanian Satrio melawan begal. Di sisi lain, memuji semangat Satrio untuk mengikuti rekrutmen menjadi anggota Polri. "Bapak Kapolri pun bangga, casis memiliki keberanian melawan komplotan begal, dan casis juga tetap semangat ingin mengikuti rekrutmen,” tuturnya. sinpo

Komentar: