Ratusan Personel Satpol PP dan Petugas Kebersihan Dikerahkan Saat Penyelenggaraan HUT Ke-497 Kota Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 18 Mei 2024 | 18:23 WIB
Bundaran HI (SinPo.id/ Beritajakarta)
Bundaran HI (SinPo.id/ Beritajakarta)

SinPo.id - Ratusan personel Satpol PP dan petugas kebersihan dikerahkan di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, untuk mendukung kelancaran dan menjaga  kebersihan saat pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta, pada Minggu, 19 Mei 2024 besok.

Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin menjelaskan, pihaknya menambah 500 personel untuk memperkuat 321 personel eksisting yang rutin bertugas setiap minggu di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sepanjang Jalan Sudirman - Thamrin.

Total, kata Arifin, akan ada 821 personel Satpol PP yang disebar pada 12 titik lokasi untuk membantu mengatur lalu lintas warga yang menyaksikan Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta dan peserta HBKB yang berolahraga.

“Para personel akan menjaga ketertiban dan memberikan pengamanan kepada seluruh warga yang hadir besok. Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini adalah aparat Kepolisian, apabila terjadi gangguan keamanan atau adanya kriminalitas,” kata Arifin, Sabtu. 18 Mei 2024.

Arifin menambahkan, pihaknya juga mendirikan 10 posko Satpol PP di kawasan Bundaran HI. Masyarakat dapat melaporkan apabila ada tindakan kriminal, seperti pencurian, perkelahian, tindakan asusila, dan kecelakaan, serta kehilangan keluarga pada saat pelaksanaan acara.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan, untuk menjaga area acara Penanganan HUT ke-497 Kota Jakarta tetap bebas sampah, pihaknya telah menyiagakan 500 petugas.

Selain itu, pihaknya juga menurunkan 20 unit road sweeper, empat unit truk anorganik, enam unit truk compactor, empat unit tangki air kotor, dan empat unit tangki air bersih.

“Kami juga menyiagakan 10 unit bus toilet yang bisa digunakan masyarakat secara gratis," ucap Asep.

Lebih lanjut, Asep mengimbau, agar warga juga menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. "Mari bersama-sama kita menjaga seluruh area di Kota Jakarta tetap bersih dan nyaman untuk semua,” tandasnya.sinpo

Komentar: