INSIDEN PESAWAT GARUDA

Insiden Pesawat Jemaah Haji Makassar, DPR Tegur Keras Garuda

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 17 Mei 2024 | 19:43 WIB
Calon jemaah haji Indonesia menaiki pesawat Garuda (SinPo.id/ Dok. Garuda)
Calon jemaah haji Indonesia menaiki pesawat Garuda (SinPo.id/ Dok. Garuda)

SinPo.id - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi  melayangkan teguran keras kepada Garuda Indonesia terkait insiden rusaknya mesin pada pesawat Boeing 747-400 yang mengangkut jemaah calon haji Kloter 5 Embarkasi Makassar (UPG-05).

Menurutnya, aspek keamanan dan keselamatan dalam penerbangan, khususnya dalam operasional penerbangan haji yang krusial, harus menjadi hal yang diperhatikan oleh Garuda Indonesia.

Ia juga mengkritik keputusan maskapai penerbangan nasional tersebut untuk menyewa pesawat tua seperti Boeing 747-400 dalam misi penting. Padahal Garuda sendiri telah memensiunkan seluruh armada Boeing 747-400 miliknya sejak tahun 2017.

"Milik sendiri sudah tidak dipakai, kok malah sewa pesawat berjenis sama. Keselamatan jemaah haji seharusnya menjadi prioritas utama. Saya sudah ingatkan saat pelepasan jamaah," kata Ashabul Kahfi, dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 17 Mei 2024.

Selain itu, ia juga meminta Garuda Indonesia untuk melakukan investigasi menyeluruh dan menyampaikan hasil investigasi secara transparan kepada publik. Kemudian memperbarui armadanya dengan pesawat yang memenuhi standar keselamatan terbaru.

"Keselamatan jemaah haji tidak boleh dikompromikan. Kami harapkan Garuda Indonesia dapat mengambil tindakan nyata dan mematuhi sepenuhnya standar keselamatan penerbangan internasional," tegasnya.
 sinpo

Komentar: