PERDAMAIAN PALESTINA

Indonesia-Turkiye Satu Suara Wujudkan Perdamaian di Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 Mei 2024 | 21:17 WIB
Ilustrasi bendera Palestina (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi bendera Palestina (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Turki, Muhammad Farhan, mengatakan Indonesia dan Turki memiliki suara yang sama untuk mereformasi Dewan Keamanan PBB dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan global, termasuk di Palestina.

"Kita juga perlu memobilisasi peran negara-negara Selatan sebagai pembangun jembatan dan penentu agenda dalam berbagai forum multilateral, serta sebagai pendukung tatanan global yang adil," kata Farham saat bertemu Ketua Delegasi Majelis Agung Nasional Turkiye untuk AIPA Osman Saglam, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 16 Mei 2024.

Selain itu, Indonesia juga sepenuhnya mendukung kebijakan yang dibuat oleh Turki baru-baru ini untuk menghentikan semua ekspor dan impor ke dan dari Israel. 

"Saya ingin menggarisbawahi bahwa sikap Indonesia terhadap perjuangan Palestina sangat jelas. Indonesia tidak akan pernah menjalin hubungan apapun dengan Israel karena Israel adalah penjajahnya," ungkapnya.

Pasalnya, konstitusi Indonesia secara tegas menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak semua bangsa yang tidak dapat dicabut, sehingga segala bentuk penjajahan di dunia ini harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan keadilan.

Sementara terkait dengan genosida Israel di Jalur Gaza, Indonesia berkomitmen untuk selalu membela kemanusiaan dan keadilan bagi rakyat Palestina, menganjurkan gencatan senjata yang segera dan berkelanjutan, bantuan kemanusiaan tanpa hambatan, serta proses perdamaian yang kredibel menuju solusi dua negara.sinpo

Komentar: