BANJIR LAHAR GUNUNG MARAPI

Pesan Prabowo: Negara Kita Rawan Bencana, Perkuat Mitigasi

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 16 Mei 2024 | 16:10 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Dok. Kemhan)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Dok. Kemhan)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga presiden terpilih, Prabowo Subianto, berpesan kepada semua pihak untuk terus memperkuat mitigasi kebencanaan. Sebab, Indonesia ini sangat rawan dengan kebencanaan alam. 

Hal itu disampaikan Prabowo saat menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir lahar dingin Gunung Marapi yang melanda Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang. 

"Kita mengerti bahwa negara kita memang rawan dengan bencana. Untuk itu, kita harus lebih siap dan lebih mengatur langkah-langkah dengan cara mengerahkan sumber daya untuk meringakan kesulitan rakyat," kata Prabowo di Sumatera Barat, pada Kamis, 16 Mei 2024. 

Menurut Prabowo, semua pihak tanpa terkecuali, harus memaksimalkan potensi mitigasi, termasuk menguatkan sumber daya yang ada, agar bencana hidrometeorologi tidak kembali terulang.

Prabowo mengaku telah berkomunikasi dengan pemangku kepentingan terkait apa saja masalah atau kendala yang sedang dihadapi dalam hal penanggulangan bencana.

Ia memastikan akan terus memantau perkembangan di Ranah Minang, termasuk menyiapkan tindakan-tindakan yang dapat meringankan beban para penyintas banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi.

"Kami akan pantau terus apa ya bisa kita bantu. Dan, saya ucapkan terima kasih kepada semua unsur yang membantu, baik itu TNI maupun Polri. Saya juga sudah mencatat beberapa masalah yang dihadapi," kata Prabowo.

Prabowo bertolak dari Qatar sekitar pukul 02.00 waktu setempat, dan tiba di Bandara Internasional Minangkabau Kabupaten Padang Pariaman sekitar pukul 10.00 WIB bersama rombongan.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Prabowo bersama rombongan langsung meninjau kesiapan TNI dan Polri, serta sukarelawan yang bersiap mengantarkan bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah terdampak bencana.

"Sekali saya ikut berduka cita, dan marilah kita berdoa kepada Yang Mahakuasa agar keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan," kata Prabowo.sinpo

Komentar: