Sambut WWF 2024, DPR: Masalah Air Masuk dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 Mei 2024 | 12:35 WIB
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon. (SinPo.id/Istimewa)
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengatakan, masalah mengenai air menjadi target capaian nomor 6 dalam Sustainable Development Goals (SDGs) alias Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diharapkan dapat terealisasi di 2030.

Menurutnya, masalah air juga merupakan salah satu masalah krusial, karena separuh penduduk dunia memiliki masalah dengan air, termasuk untuk di Indonesia sendiri.

"Saya kira ini harus jadi satu perhatian Bersama, harus menjadi satu isu politik. Termasuk bagaimana kita juga di dalam negeri menyiapkan undang-undang pelayanan air, terkait dengan air bersih dan sanitas," kata Fadli, melalui keterangan persnya, dikutip Kamis 16 Mei 2024.

"Masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya air. Kita suka take it for granted, karena air banyak kita jadi suka menghambur-hamburkan air,” lanjutnya.

Oleh karena itu, kata Fadli, World Water Forum (WWF) atau Forum Air Sedunia ke-10 yang akan digelar di Nusa Dua Bali pada tanggal 18-25 Mei 2024, akan melihat persoalan besar mengenai air.

"Kadang-kadang kelangkaan, kadang-kadang kelebihan, apalagi di tengah perubahan iklim yang terjadi saat ini. Climate change adalah sesuatu yang nyata, dan kita merasakannya sekarang. Ini akan berpengaruh pada sektor lain misalnya pangan, pertanian, dan lainnya. Oleh karena itu ini harus menjadi perhatian bersama, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.sinpo

Komentar: