PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur Usai Dua Dekade Menjabat

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 14 Mei 2024 | 18:29 WIB
Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Tharman Shanmugaratnam. (SinPo.id/AFP)
Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Tharman Shanmugaratnam. (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Tharman Shanmugaratnam. Lee mengatakan dirinya dan pemerintahannya akan resmi mundur pada Rabu, 15 Mei 2024 besok.

Dilansir The Star pada Selasa, 14 Mei 2024, Lee yang kini berusia 72 tahun telah menjabat PM Singapura sejak tahun 2004 lalu, mengajukan surat pengunduran dirinya kepada Tharman pada Senin, 13 Mei 2024 waktu setempat.

Dalam suratnya, Lee menyarankan Tharman untuk mengundang Lawrence Wong, yang kini menjabat sebagai Wakil PM Singapura, untuk membentuk pemerintahan selanjutnya.

Tharman menerima pengunduran diri Lee dan mengatakan dirinya akan menunjuk Wong sebagai PM yang baru, kemudian mengundangnya untuk membentuk pemerintahan baru bagi Singapura.

Lee yang lahir di Singapura pada era kolonialisme Singapura, merupakan putra tertua mendiang Lee Kuan Yew, PM pertama Singapura. Lee pernah mengabdi pada Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) antara tahun 1971 hingga tahun 1984 silam, dan mencapai pangkat Brigadir Jenderal.

Lee mengundurkan diri dari SAF tahun 1984 untuk memasuki dunia politik, dan terpilih menjadi anggota parlemen mewakili konstituensi Teck Ghee SMC.

Lee pernah memegang berbagai jabatan penting, seperti Wakil PM, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan dan Perindustrian, dan Menteri Pertahanan Kedua di bawah PM Lee Kuan Yew dan Goh Chok Tong, sebelum menjabat PM sejak 2004.sinpo

Komentar: