Soroti Polemik Bea Cukai, Ria Ricis Salurkan Bantuan Alat Belajar Untuk SLB

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 14 Mei 2024 | 23:14 WIB
Prosesi penyerahan alat bantu belajar dari Ria Ricis untuk siswa-siswi SLB (Sinpo.id/Ria Ricis)
Prosesi penyerahan alat bantu belajar dari Ria Ricis untuk siswa-siswi SLB (Sinpo.id/Ria Ricis)

SinPo.id -  YouTuber Indonesia, Ria Yunita atau yang lebih dikenal dengan Ria Ricis memberikan bantuan berupa alat belajar kepada siswa dan siswi di sekolah SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta.

Penyerahan ini dilakukan sebagai inisiatif Ria Ricis menyoroti adanya polemik Bea Cukai yang belakangan ini menahan peralatan belajar khusus siswa SLB lantaran masalah kepabeanan.

Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Ria Ricis di SLB yang berlokasi di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini pada Selasa, 14 Mei 2024.

Bantuan tersebut diterima oleh perwakilan siswa dan siswi yang didampingi oleh Kepala SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, Dedeh Kurniasih serta jajaran dewan guru.

Adapun bantuan tersebut antara lain berupa 80 tongkat lipat sensor bagi tunanetra dan 5 buah komputer untuk menunjang proses belajar mengajar.

Adik Oki Setiana Dewi itu mengungkapkan alasan dirinya memberikan bantuan di sekolah tersebut salah satunya karena dirinya menyukai anak-anak.

"Hari ini kita agendakan kasih hadiah ke teman- teman karena aku salah satunya suka anak-anak kecil. Karena di sana ada anak-anak TK (Taman Kanak-Kanak) juga," ucap Ricis kepada wartawan.

Selain itu, Ria mengatakan bahwa sekolah tempat dirinya belajar saat TK, kini sudah berubah menjadi sekolah SLB juga.

Kemudian alasan berikutnya yaitu karena dirinya mendengar kbar bahwa alat belajar sekolah SLB-A tersebut alat belajarnya sempat ditahan pihak BEA Cukai di Bandara Soekarno-Hatta.

"Semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah untuk kita semua," harapnya.

Di samping itu, Ricis berharap para siswa dan siswa di sekolah SLB-A ini bisa menggapai cita-citanya dan bisa menjadi yang terbaik versi masing-masing.

"Semoga kita bisa menjalin tali silaturahim sampai kapanpun," kata dia.

Kedepan, ia berencana untuk melakukan kunjungan dan memberikan bantuan kepada sekolah SLB lainnya di beberapa lokasi.

"Kebetulan ini baru pertama kali main di sekolah SLB Jakarta. Dan mudah-mudahan ada beberapa titik lagi yang akan kita datangi. Insya Allah," pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, Dedeh Kurniasih mengaku senang sekolahnya dikunjungi Ria Ricis.

"Saya sangat senang dan bahagia. Kami mengucapkan terimakasih karena sudah peduli dan sudah berempati. Bahkan sudah meluangkan waktu untuk hadir di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta bersama-sama kita semua warga SLB-A Pembina Tingkat Nasional. Mudah-mudahan kegiatan ini membawa dampak positif bagi kita semua khususnya SLB-A Pembina Tingkat Nasional," kata Dedeh.

Untuk peserta didik, sekolah ini mendidik sebanyak 78 siswa dan siswi yang dimulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Sementara untuk jumlah guru dan tenaga pendidik berjumlah 53 orang.

Adapun siswa-siswi tersebut memiliki kemampuan dan prestasi tingkat nasional dari berbagai bidang antara lain Tahfiz Quran, Bermusik, Olahraga, dan lainnya.sinpo

Komentar: