Ketua Umum IKA SKMA: Keharmonisan Masyarakat dengan Lingkungan dan Hutan Dukung Komitmen Prabowo-Gibran

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:55 WIB
Ketua Umum Pengurus Pusat IKA SKMA Irwan saat menghadiri Musyawarah Daerah sekaligus Halal Bihalal dalam rangka Idulfitri 1445 Hijriah di Jatim. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Ketua Umum Pengurus Pusat IKA SKMA Irwan saat menghadiri Musyawarah Daerah sekaligus Halal Bihalal dalam rangka Idulfitri 1445 Hijriah di Jatim. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA), Irwan, menyatakan keharmonisan antara masyarakat, adat, dan budaya dengan lingkunan dan hutan akan mendukung komitmen pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatang. 

Ia menyatakan, IKA SKMA mendukung komitmen Prabowo untuk memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis antara masyarakat, adat, dan budaya dengan lingkungan dan hutan.

"Kami meyakini kehidupan yang harmonis antara masyarakat, adat budaya dengan lingkungan dan hutan secara langsung juga mendukung komitmen Presiden RI terpilih untuk membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan," kata Irwan dalam keterangannya pada Jumat, 10 Mei 2024.

Salah satu langkah untuk mendukung itu, Pemilik sapaan akrab Fecho itu mengusulkan agar program perhutanan sosial terus dilanjutkan. 

Irwan bilang, program itu sangat strategis untuk memberdayakan masyarakat adat dan lokal di desa-desa lewat pemberian akses legal untuk mengelola hutan negara yang mencakup kegiatan budidaya, konservasi, hingga ekowisata. 

"Program perhutanan sosial terbukti dapat mendukung penghidupan berkelanjutan bagi masyarakat sekaligus melestarikan sumber daya hutan," tutur anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat itu.

Lebih lanjut, Irwan mengutip pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menilai persoalan lingkungan hidup, termasuk soal krisis lingkungan, krisis iklim, pemanasan global, perlu menjadi tanggung jawab bersama.

Berangkat dari itu, ia mengajak semua kalangan untuk ikut bertanggung jawab, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan; yang berlandaskan empat pilar, yakni pro pertumbuhan, pro lapangan kerja, pro pengurangan kemiskinan dan pro lingkungan hidup.

"Semua pihak harus konsisten menjalankan kebijakan yang pro lingkungan," tutur Irwan.sinpo

Komentar: