Pilkada 2024

Pilkada DKI Jakarta, Sudirman Said Berencana Maju Lewat Jalur Independen

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:28 WIB
Kantor KPU DKI (SinPo.id/ beritajakarta)
Kantor KPU DKI (SinPo.id/ beritajakarta)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyebut, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said berencana maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 jalur independen atau perseorangan. Tim Sudirman Said telah konsultasi terkait pemenuhan syarat calon gubernur (Cagub) jalur independen. 

"Kemarin, Kamis, 9 Mei 2024, kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," kata Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya, kepada wartawan, Jumat, 10 Mei 2024.

Menurut Dody, tim Sudirman Said sudah meminta akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk Pilkada Jakarta kepada KPU DKI. Nantinya, kata dia, Sudirman Said wajib memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan lewat aplikasi Silon tersebut.

"Kami menunggu sampai dengan batas akhir, yaitu hari Minggu 12 Mei pukul 23.59 WIB," ujar Dody menjelaskan. 

Dody juga menyebut, selain Sudirman, ada dua orang yang berencana maju dalam Pilkada Jakarta lewat jalur independen, yakni Dharma Pongrekun dan Noer Fajrieansyah. 

Ia berharap para bakal pasangan calon yang sudah berkonsultasi atau sudah meminta akses Silon segera melengkapi.

Sebagai informasi, dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada 2024 sudah bisa diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai tanggal 8-12 Mei 2024. Sedangkan jadwal pendaftaran bakal pasangan calon baik dari jalur partai politik atau perseorangan dapat dilakukan adalah 27-29 Agustus 2024.sinpo

Komentar: