Presiden Jokowi Berencana Resmikan Bandara Panua Pohuwato di Gorontalo, Senin 22 April Besok

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 21 April 2024 | 19:57 WIB
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Gorontalo untuk melakukan kunjungan kerja (SinPo.id/ Presiden.go.id)
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Gorontalo untuk melakukan kunjungan kerja (SinPo.id/ Presiden.go.id)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan meresmikan Bandara Panua Pohuwato, di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, pada Senin, 22 April 2024 besok.

Untuk memastikan kesiapan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung ke Bandara Panua Pohuwato hari ini.

Adapun kesiapan yang dicek di antaranya adalah fasilitas sisi udara serta darat seperti ruang tunggu, loket check in, dan juga terminal kedatangan.

“Keberadaan Bandara Panua Pohuwato diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki Kabupaten Pohuwato antara lain pertambangan, perkebunan, perikanan, serta kepariwisataan,” ujar Budi dalam keterangan resmi, Minggu, 21 April 2024.

Sebagai informasi, Bandara Panua Pohuwato memiliki landasan pacu sepanjang 1.200 m x 30 m, taxiway sepanjang 15 m x 170 m, apron sepanjang 110 m x 70 m, serta gedung terminal sebesar 990 m2. Dengan begitu, Bandara Panua Pohuwato dapat didarati pesawat ATR 72-600.

Pada 18 Februari lalu, telah dilakukan penerbangan perintis perdana oleh maskapai SAMS Air menggunakan type pesawat DHC-6 Twin Otter dengan Rute penerbangan Gorontalo-Pohuwato-Palu (PP).

“Selanjutnya, Bandara Panua Pohuwato melayani penerbangan pada hari Kamis dan Minggu,” kata Budi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Gorontalo untuk melakukan kunjungan kerja pada Minggu, 21 April 2024. Melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas sekitar pukul 12.10 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.sinpo

Komentar: