POSISI KETUA DPR

Peneliti BRIN Sebut PDIP Bakal Mati-matian Perjuangkan Ketua DPR RI

Laporan: Firdausi
Rabu, 27 Maret 2024 | 18:36 WIB
Gedung DPR RI (SinPo.id/ Ashar)
Gedung DPR RI (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Usai penetapan hasil Pemilu 2024 untuk kursi legislatif yang telah ditetapkan KPU, ketegangan mulai terjadi antara PDIP dan Golkar terkait jabatan Ketua DPR.

Menanggapi hal itu, Peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati mengatakan, PDIP akan mati-matian mempertahankan kursi ketua DPR. Hal itu disebabkan karena mereka sudah kehilangan kekuatan di ranah eksekutif.

"Tentu akan diperjuangkan. Karena kursi Ketua DPR akan jadi kekuatan PDIP dipemerintah selanjutnya," kata Wasisto kepada wartawan, Rabu, 27 Maret 2024.

Di sisi lain, kata dia, PDIP lebih berpeluang mempertahankan posisi Ketua DPR daripada Golkar. Pasalnya saat ini PDIP sudah berstatus partai penguasa Senayan.

"PDIP punya peluang menjadi Ketua DPR lagi, apalagi sekarang kan menjadi ketua DPR," ujarnya.

Tak hanya itu, PDIP juga dinilai akan mengambil sikap tegas perihal untul mengagalkan rencana Golkar untuk merevisi UU MD3 demi mempertahankan agar Ketua DPR tetap dikuasai partai yang dimpin Megawati Soekarno Putri itu.

"PDIP punya bola untuk bisa mengontrol agar hal itu tidak terjadi. Tentu di sini tidak akan membiarkan hal itu terjadi seperti di tahun 2014," ujarnya.

Seperti diketahui, delapan partai lolos ke DPR periode 2024-2029, empat di antaranya merupakan pendukung presiden dan wakil presiden terpilh Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Mereka adalah Golkar, Gerindra, PAN, dan Demokrat.

Sementara empat parpol lain di luar koalisi Prabowo-Gibran yakni PDIP, NasDem, PKS, dan PKB.sinpo

Komentar: