Korlantas Imbau Masyarakat Tak Gunakan Motor untuk Mudik Lebaran 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 05 Maret 2024 | 21:15 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tetap mengimbau masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor pada Lebaran 2024. Meskipun tak ada larangan mudik menggunakan kendaraan roda dua tersebut. 

Imbauan itu disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan seusai Rapat Koordinasi Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Selasa, 5 Maret 2024.

"Untuk sepeda motor itu kami tidak melarang, artinya tidak melarang, tetapi mengimbau," ujar Aan kepada wartawan. 

Menurut dia, mudik menggunakan sepeda motor sangat berpotensi menjmbulkan terjadinya kecelakaan. Apalagi, biasanya mudik menggunakan sepeda motor membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas. 

"Melihat angka kecelakaan lalu lintas yang ada, sekitar 73 persen sepeda motor itu menjadi korban atau terlibat kecelakaan lalu lintas," ungkap dia. 

Aan pun berujar, Polri bersama pihak terkait bakal mengakomodasi masyarakat yang hendak mudik dan tidak menggunakan sepeda motor.  Pemerintah, kata dia, melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN beserta swasta bakal menggelar mudik gratis.

"Itu salah satu upaya untuk mengurangi masyarakat kita yang akan mudik menggunakan sepeda motor," kata Aan. 

Kendati demikian, Aan mempersilahkan apabila masih ada masyarakat yang ingin mudik menggunakan sepeda motor. Dengan catatan, harus memperhatikan kondisi kendaraan dan kondisi fisiknya.

"Pastikan sepeda motor itu sehat. Yang kedua, manusianya juga sehat. Yang ketiga, perlengkapan helm, kemudian sepatu dan jaket," tutur dia. sinpo

Komentar: