Polisi Pastikan Pengamanan Debat Capres Terkahir akan Jauh Lebih Baik

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Februari 2024 | 15:14 WIB
Pengamanan debat Pilpres 2024 (SinPo.id/anam)
Pengamanan debat Pilpres 2024 (SinPo.id/anam)

SinPo.id - Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro memastikan pengamanan debat kelima Pilpres 2024 akan jauh lebih baik dari debat sebelumnya.

Mengingat debat dalam kontestasi Pilpres 2024 ini merupakan yang terakhir sebelum melaksanakan tahap pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kita juga mengevaluasi pola pengamanan dari debat sebelumnya, sehingga pengamanan hari ini jauh lebih baik," kata Kombes Pol Susatyo saat dalam keterangannya, Minggu, 4 Februari 2024.

Susatyo mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan pengamanan debat dari jauh-jauh hari. Sebanyak 2.992 personel gabungan dihadirkan untuk mengamankan debat capres.

Adapun personel gabungan terdiri dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemprov DKI Jakarta, dan instansi terkait.

Kemudian, Susatyo mengatakan untuk arus lalu lintas sejauh ini masih normal, sehingga belum dilakukan penutupan jalan. Rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan secara situasional 

Lebih lanjut, Susatyo menyebut, personel yang terlibat pengamanan akan ditempatkan di beberapa titik, diantaranya ring satu yakni pada area debat, ring dua sekitar lobi dan pintu masuk JCC, kemudian ring tiga pada sektor terluar pintu-pintu masuk ke kawasan area GBK hingga di kantong-kantong parkir.

Selain itu, Susatyo juga mengimbau kepada masyarakat dan simpatisan masing-masing capres-cawapres untuk tidak hadir ke lokasi debat. Namun begitu, jika terdapat pendukung yang hadir di lokasi debat agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban.

"Kepada simpatisan dan para pendukung paslon yang akan mengikuti prosesi debat di JCC untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan debat nanti malam berjalan dengan aman dan lancar," tandasnya.sinpo

Komentar: